Jaga Ketersediaan Obat Saat Pandemi, Pemkot Kediri Sidak Apotek

Petugas Gabungan Saat Melakukan Sidak ke Apotik
Petugas Gabungan Saat Melakukan Sidak ke Apotik

Pemerintah Kota Kediri mengambil sikap tegas, terkait kabar maraknya kelangkaan obat-obatan dan vitamin di beberapa apotik dan toko obat di wilayah Kota Kediri.


Petugas gabungan dari Dinas perdagangan dan perindustrian (Disperdagin), Lembaga Perlindungan Konsumen (LPK), BPOM, Satgas Pangan Kota Kediri, Dinas Kesehatan, Ketua apoteker Se Kota Kediri, dan dari Polres Kediri Kota, siang ini melakukan sidak ke beberapa apotik dan toko obat diwilayah Kota Kediri. 

Petugas, pertama kali mendatangi apotik Samloreta di Jalan Kawi, apotik lirboyo di Jalan Penanggungan, apotik sejahtera Ngronggo, apotik K24 di Ngronggo, apotik K24 di Jalan Mauni dan apotik sariutama di Pesantren Kota Kediri.

Dra Sri Mulyaningtyas Apt, Kasi Farmalkes dan PKRT Dinas Kesehatan Kota Kediri mengatakan, dari pantauan dilapangan, untuk ketersediaan obat dan vitamin di Kota Kediri masih mencukupi. 

"kami melakukan monitoring pada apotik dan juga toko obat, agar tidak ada kenaikan harga obat dan vitamin di Kota Kediri, " Kata Sri Kepada Kantor Berita RMOL Jatim, Selasa (6/7). 

"Kami juga menghimbau pada masyarakat, untuk tidak melakukan aksi borong obat dan vitamin, karena bisa merugikan pasien atau masyarakat yang benar-benar membutuhkan, " Sambungnya. 

Sri Mulyaningtyas menambahkan, masyarakat tidak perlu melakukan aksi borong obat-obatan dan vitamin, karena ketersediaan obat masih ada. Jika ada obat atau vitamin yang tidak ada di pasaran, distributor memang melakukan pendistribusian obat dan vitamin di rumah sakit saja. 

Sementara itu Anik Sumartini, Kepala Bidang Perdagangan, Disperdagin Kota Kediri mengatakan, pantauan dilapangan hari ini, ketersediaan obat dan vitamin masih aman di Kota Kediri.

"Dari pantauan dilapangan, ketersediaan obat dan Vitamin di Kota Kediri masih mencukupi. Saya menghimbau pada masyarakat, agar tetap mematuhi protokol kesehatan, " ujar Anik

Namun, pihaknya tetap akan melakukan pengawasan pada apotik dan toko obat di Kota Kediri, agar tidak ada lonjakan harga maupun kelangkaan obat dan vitamin.