Pontang-panting Tangani Pandemi, Indonesia Belum Siap Hadapi Krisis

Ilustrasi / net
Ilustrasi / net

Indonesia kewalahan dalam menghadapi pandemi Covid-19 karena memang tidak pernah dipersiapkan untuk menghadapi kondisi krisis.


Begitu kata politisi senior PDI Perjuangan Effendi M.S. Simbolon yang menilai wajar Wakil Presiden Maruf Amin mengatakan Indonesia pontang-panting menangani pandemi Covid-19.
"Saya sih dari dulu itu, hanya insting kita yang berbicara bahwa kita memang tidak pernah dipersiapkan untuk menjadi bangsa yang menghadapi krisis nasional," ujarnya kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (15/7).

Effendi pun berkaca dari negara-negara maju yang selalu siap dalam menghadapi kondisi krisis. Hal ini yang kemudian membuat Indonesia berbeda.

"Kan kalau lihat dari negara yang lebih maju atau lebih menyadari akan adanya baik bencana alam maupun non alam yang bersifat non pandemi ini kan mereka lebih siap menghadapinya," terangnya.

Meski situasi pandemi tidak bisa dihindarkan negara manapun, kata dia, negara maju dengan segala persiapannya lebih cepat menangani dibandingkan Indonesia.

"Artinya bukan siap dalam artian tidak terhindarkan juga, tetapi dari sisi sarana dan prasarana saja berbeda, sulit juga kalau kita bilang ini suatu pembelajaran," pungkasnya.