Pemerintah Harus Sampaikan Capaian PPKM Darurat Sebelum Benar-benar Diperpanjang

Anggota Komisi IX DPR RI, Saleh Partaonan Daulay/Net
Anggota Komisi IX DPR RI, Saleh Partaonan Daulay/Net

Pemerintah harus melakukan evaluasi dalam dua pekan pertama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat sebelum benar-benar diperpanjang.


Begitu dikatakan anggota Komisi IX DPR RI, Saleh Partaonan Daulay dalam diskusi daring Polemik bertajuk "Jalan Terjal PPKM Darurat" pada Sabtu (17/7).

"Inikan masih ada beberapa hari ke depan, saya kira selama dua tiga hari ini pemerintah harus fokus memperhatikan dampak dari peberlakuan PPKM Darurat ini," ujar Saleh Daulay.

Ketua Fraksi PAN DPR itu menyarankan pemerintah melakukan survei kepada masyarakat untuk mengetahui apa capaian PPKM Darurat selama dua pekan ini.

"Pertama apakah ini efektif atau tidak, apakah ini betul-betul berpengaruh mengurangi orang terpapar Covid-19," katanya.

"Kedua, apakah ada kekurangan-kekurangan yang perlu diperbaiki jika PPKM Darurat ini diperpanjang," sambung di melanjutkan.

Selain Saleh, hadir narasumber lain dalam diskusi daring tersebut yakni Bupati Bogor Ade Yasin, Dewan Pakar Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Hermawan Saputra, Sekjen PMI Sudirman Said, Ketua Umum PB IDI Daeng Faqih, dan sosiolog UI Daisy Indira Yasmin.