Vaksinasi Massal di SIER Bukti Sinergi TNI dan BUMN

Emil Dardak saat meninjau vaksinasi / ist
Emil Dardak saat meninjau vaksinasi / ist

Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak memberikan pujian kepada PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER), Kota Surabaya, yang telah sukses melaksanakan vaksinasi massal dengan lancar, tertib dan tidak terjadi kerumunan.


Menurut Emil, sorotan terhadap pelaksanaan vaksinasi massal yang menimbulkan kerumuman dapat dihindari dengan paik oleh PT SIER dan Kodim 0831/Surabaya Timur dengan perencanaan yang baik. vaksinasi yang digelar berkat kerjasama antara PT SIER dengan Kodim 0831/Surabaya Timur paling ideal. Tempat penyelenggaraan yang representatif, luas dan fasilitasnya sangat memadahi. Begitu pula jumlah tenaga kesehatan cukup banyak.

“Saya memberikan apresiasi kepada PT SIER, tenaga kesehatan Rumkitban DKT Gubeng Pojok dan Kodim 0831/Surabaya Timur serta tenant yang ada di kawasan industri SIER. Vaksinasinya berjalan lancar, tertib dan yang paling penting tidak terjadi kerumunan, apalai saat usai vaksinasi mendapat es krim bervitamin C tinggi, ini menarik” ujar Emil, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di kawasan PT SIER, yang didampingi oleh Direktur Operasi PT SIER Didik Prasetiyono dan Direktur Pemasaran dan Pengembangan PT SIER Silvester Budi Agung, Kamis (22/7).

“Masalah Covid-19 ini adalah kita bersama. Kepedulian badan usaha sangat penting. Pemerintah telah bekerja sangat keras. Bahkan semua unit sekarang melakukan penanganan Covid-19. Peran dari semua pihak itu memang sangat dibutuhkan saat ini. Semoga semakin banyak sentra vaksinasi baik jalur gratis pemerintah maupun jalur pembiayaan perusahaan lewat vaksin gotong royong,” tandas Emil.

Direktur Operasi PT SIER, Didik Prasetiyono mengatakan, vaksinasi massal ini bisa berjalan lancar berkat pendampingan pendaftaran online dan pembagian kuota setiap jam yang dipatuhi secara tertib oleh peserta vaksinasi pengelola kawasan industri di Rungkut Surabaya.

Kunci pelaksanaan vaksinasi di SIER bisa berjalan lancar, kata Didik, adalah adanya pendaftaran online dan pengaturan jam kuota. Tidak semua warga familiar dengan sistem pendaftaran online, apalagi yang sepuh-sepuh, oleh karena itu perlu adanya pendampingan, disitu pentingnya fungsi relawan vaksin dan peran anak-anak muda agar bisa membantu kelancaran proses. Sehingga sejak datang hingga keluar tidak terjadi hambatan antrian berarti.

“Program serbuan vaksin ini program vaksinasi gratis pemerintah lewat jalur TNI, pelaksanaan di Kawasan Industri SIER ini untuk pekerja, pedagang kaki lima di sekitar kawasan industri dan juga untuk warga sekitar Rungkut. Antusiasme sangat tinggi, kita beri pendampingan untuk pengisian formulir, dari total 2700 dosis Vaksin Sinovac yang diberikan semua alhamdulillah berlangsung lancar.  Usai vaksin, setiap peserta mendapat es krim  gratis dari salah satu tenant industri kami. Jadi proses vaksinasi ini menjadi lebih menarik,” tandas Didik yang juga Sekretaris Ikatan Alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ailangga ini. 

Sementara itu, salah seorang peserta vaksin, Umi Azizah mengaku, pelaksanaan vaksin di PT SIER sangat cepat dan tidak perlu antri lama. Salah seorang pekerja di PT Asti Indograph yang bergerak di bidang printing dan packaging ini mengaku hanya membutuhkan waktu kurang dari 10 menit untuk di vaksin.

“Saya tahu disini (SIER) ada vaksin karena diberitahu perusahaan. Kami dipersilahkan untuk ikut vaksin. Teman-teman saya juga banyak yang ikut vaksin. Saya tidak perlu antri lama dan tidak ada kerumunan, sehingga lebih aman. Pulangnya juga dapat es krim,” pungkasnya.