Di Hari Anak Nasional, AHY Soroti Sebaran Covid-19 Pada Anak Yang Tinggi

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)/Net
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)/Net

Sebaran virus Covid-19 pada anak-anak menjadi perhatian serius Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dalam peringatan Hari Anak Nasional yang jatuh hari ini, Jumat (23/7). AHY mencatat, hingga 23 Juli 2021, sebanyak 380 ribu anak berusia 0 hingga 18 tahun terinfeksi Covid-19. Angka itu sama saja 12,8 persen dari total kasus nasional yang terinfeksi Covid-19.


AHY mencatat, hingga 23 Juli 2021, sebanyak 380 ribu anak berusia 0 hingga 18 tahun terinfeksi Covid-19. Angka itu sama saja 12,8 persen dari total kasus nasional yang terinfeksi Covid-19.

"Presentase ini bahkan lebih tinggi daripada kasus yang dialami lansia. Dari 8 kasus positif di Indonesia ada 1 anak yang terpapar Covid-19,” urainya lewat akun media sosialnya.

AHY mengatakan bahwa pada pekan ketiga bulan Juli, angka kematian kasus Covid-19 anak-anak juga meningkat. Ada sekitar 776 anak Indonesia meregang nyawa akibat Covid-19.

“Potret ini sangat mengkhawatirkan dan menyesakkan hati orang tua manapun. Sebagai orang tua, kita harus menjadi garda terdepan untuk melindungi anak-anak kita,” tegasnya.

Sementara dari berbagai riset, sambung AHY, dinyatakan bahwa kewaspadaan orang tua menjadi faktor utama dari penyebab risiko anak-anak terpapar Covid-19. Khususnya, bagi teman-teman yang masih harus bekerja di luar rumah.

“Selain itu, kita juga harus mendidik anak untuk lebih disiplin melaksanakan protokol kesehatan. Jika tidak dalam kondisi darurat, sebaiknya anak-anak tetap di rumah saja,” sambung AHY.

Menurutnya, kondisi demikian bukan hal yang mudah. Ada rasa bosan yang terus menghantui anak-anak sejak awal pandemi di tahun lalu.

Belum lagi persoalan sekolah online yang juga menyisakan banyak tantangan. Tapi kini masyarakat tidak punya begitu banyak pilihan.

AHY mengingatkan bahwa tidak ada yang lebih berharga daripada nyawa. Apalagi nyawa anak-anak.

“Mereka adalah generasi penerus bangsa yang harus kita lindungi dan jaga. Tetap semangat untuk para orang tua di manapun berada. Tetap sehat dan bahagia untuk anak-anak Indonesia. Selamat Hari Anak Nasional!” tutupnya.