Gedung Sekolah di Kelurahan Keputih Surabaya, Dijadikan Sebagai Ruang Isolasi

Rapat pembahasan Rumah Sehat
Rapat pembahasan Rumah Sehat

Masih tingginya angka penularan Covid-19 di wilayah Kelurahan Keputih Surabaya,  membuat pihak kelurahan bersama  stakeholder 'menyulap' sekolahan menjadi ruang isolasi di tingkat kelurahan. 


Sekolah tersebutlah memang  sejak pandemi tidak mengadakan kegiatan tatap muka. Sehinggga, pihak yayasan sekolah berinisiatif agar tempat tersebut bisa di manfaatkan untuk kegiatan lain.

"Alhamdulillah ada yayasan sekolah Islam di kawasan Keputih Tegal yang menawarkan tempat tersebut  dibuat ruang sehat atau ruang isolasi untuk pasien covid dengan gejala ringan," kata Lurah Keputih, Itaqwati Oetami, kepada Kantor Berita RMOLJatim,  saat menggelar rapat dengan Satgas Covid-19 se-Kelurahan Keputih 

Menurutnya, dengan memakai istilah Rumah Sehat, menjauhkan kesan bahwa ruang  isolasi terlihat menakutkan. Rumah Sehat ini nantinya diperuntukkan  bagi mereka yang positif dengan gejala ringan. 

Di tempat tersebut,  nantinya akan dilengkapi dengan bed, kipas angin, dan alat penunjang lainnya, serta  ada dokter yang akan memantau perkembangan mereka setiap hari. 

"Jadi, nantinya mereka akan mendapat permakanan  vitamin serta obat dan dipantau terus perkembangannya. 

Selain tempat tersebut memadai dan cukup luas, lokasi tersebut berdekatan dengan Puskesmas Keputih," lanjutnya. 

Tercatat ada sekitar empat lokasi Rumah Sehat di wilayah Kelurahan Keputih.

Salah seorang Satgas Covid-19, Wahyu Hidayat, yang juga tokoh pemuda di kawasan Keputih menuturkan, sangat mendukung ide tersebut, mengingat keterbatasan ruang isolasi rumah sakit,  sehingga warga tidak perlu jauh-jauh saat menjalani isolasi.

"Semoga warga yang mempunyai keluhan seperti gejala Covid-19 dapat segera melapor dan segera mendapatkan penanganan," tutup Wahyu.