Bantu Tangani Covid-19 di Surabaya, Kemensos Gelontor 6 Ribu Paket Beras

Wali Kota Eri bersama Robben Rico/RMOLJatim
Wali Kota Eri bersama Robben Rico/RMOLJatim

Sekretaris Ditjen Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos) Kemensos Robben Rico, mengapresiasi apa yang sudah dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya dalam mengajak warganya untuk turut serta bergotong-royong membantu menangani pandemi Covid-19.


Bagi dia, langkah tersebut dapat juga diimplementasikan di berbagai daerah yang tersebar se-Indonesia.

“Ini adalah bentuk sebuah contoh yang baik yang dapat ditiru oleh wilayah lain untuk warga bergotong-royong saling membantu,” kata Robben dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Jum'at (24/7).

Di samping itu, Robben pun memastikan bantuan itu adalah tambahan untuk warga yang diluar Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Bantuan Sosial Tunai (BST). 

Untuk penyalurannya, dia menyebut, akan diserahkan sepenuhnya oleh kepala daerah di masing-masing wilayah.

“Program ini memang diberikan dalam rangka pemberlakukan PPKM yang kita distribusikan kepada 128 kota/kabupaten di Pulau Jawa dan Bali termasuk Madura. Pendistribusiannya akan diserahkan sepenuhnya oleh kepala daerah di masing-masing wilayah,” jelasnya.

Di samping itu, Owner Viral Blast Global Minggus Umboh - Konsultan Keuangan Viral Blast Global PT Trust Global Jaya, Zainal Hudha Purnama menambahkan, apa yang dilakukannya ini merupakan langkah untuk membantu pemerintah dalam menangani pandemi. 

Oleh sebab itu, ia juga mengajak kepada seluruh pengusaha lainnya untuk ikut serta bergotong-royong. 

“Ini adalah gerakan kecil saja dan semoga bisa menginspirasi teman-teman pengusaha lainnya untuk bergotong-royong segera mengatasi pandemi,” pungkasnya. 

Seperti diketahui Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menerima bantuan dari tiga perusahaan maupun lembaga. 

Bantuan itu, berasal dari Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia berupa 6 ribu paket beras. Dimana masing-masing paket terdiri dari 5 kilogram. 

Kemudian, bantuan juga datang dari PT Trust Global Jaya berupa dana senilai Rp 100 juta.

Ketiga, PT Kamadjaja Logistic juga hadir memberikan bantuan berupa susu Frisian Flag sebanyak 200 karton, hand sanitizer sebanyak 101 karton, sabun cuci tangan 100 karton, minyak goreng sebanyak 200 karton, susu coklat sebanyak 9 karton, susu Milo sebanyak 30 karton dan Nescafe Kurma sebanyak 200 karton.