Gandeng Pemprov Jatim dan Pemkot Surabaya, Koarmada II Gelar Vaksinasi Dengan Target 25 Ribu Orang

Pantauan pelaksana vaksinasi/ ist
Pantauan pelaksana vaksinasi/ ist

Komando Armada (Koarmada) II bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Pemerintah Kota Surabaya menggelar vaksinasi COVID-19 massal di Gelora Pancasila dan Lapangan Thor, Surabaya, Kamis (29/07).


Vaksinasi  berlangsung dua hari yakni 29 - 30 Juli 2021. Adapun target warga yang divaksin sebanyak 25.000 orang. Mereka warga dari Kecamatan Wonokromo sebanyak 17.500 orang, Kecamatan Sawahan 5.000 orang, dan Kecamatan Dukuh Pakis juga 5.000 orang.

Pangkoarmada II Laksamana Muda TNI, Iwan Isnurwanto mengatakan, TNI-AL melakukan vaksinasi sudah sesuai dengan aturan-aturan sebagaimana diperintahkan oleh Presiden Joko Widodo yang diberikan kepada Panglima TNI dan Kapolri bahwa harus melakukan vaksinasi untuk membentuk kekebalan komunal, sehingga diharapkan bisa melawan COVID-19 secara bersama-sama.

Oleh karena itu, kata dia, Panglima TNI meneruskan kepada staf angkatan dan khususnya kepada Kepala Staf Angkatan Laut, yang kemudian memerintahkan kepada Pangkoarmada di bawahnya untuk melakukan vaksinasi, seperti yang dikenal di AL adalah serbuan vaksinasi maritim.

Karena itu, lanjutnya,  Koarmada II dengan Lantamal di bawahnya seperti Lantamal V di Surabaya, Lantamal 6 di Makasar, Lantamal 7 di Kupang, Lantamal 8 di Manado, dan Lantamal 13 di Tarakan beserta pangkalan-pangkalan angkatan lautnya secara serentak melakukan vaksinasi sejak bulan Juni lalu hingga sekarang.

"Kami tidak henti-hentinya bahu-membahu bersama pimpinan Forkominda Jawa Timur guna memutus rantai penularan virus Covid-19 dengan melaksanakan vaksinasi," ujarnya, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Kamis (29/7)

Ia juga menjelaskan, bahwa dipilihnya tempat di Gelora Pancasila dan Lapangan Thor karena itu lapangan itu merupakan kebanggaan arek-arek Suroboyo selain Gelora Tambaksari Surabaya.

"Lapangan Thor adalah salah satu lapangan legenda warga Surabaya. Keberadaannya makin lengkapa karana dijadikan tempat olahraga atletik," ungkapnya.

Untuk itu, pihaknya mengajak warga  Kota Surabaya tidak menunda vaksinasi untuk mendukung momentum perbaikan setelah kasus aktif dan positif Covid-19 mulai menurun saat pemerintah melakukan berbagai upaya termasuk melalui PPKM.

"Penting sekali bagi kita semua lanjutkan, yuk kita teruskan momentum perbaikan ini,” katanya disela acara Serbuan Vaksinasi 

Menurut Iwan, sapaan akrab Laksamana Muda TNI Iwan Isnurwanto, bahwa vaksinasi dapat menurunkan risiko keparahan dan kematian akibat Covid-19. Untuk itu, pihaknya meminta masyarakat Surabaya mau vaksinasi.

"Semakin tinggi tingkat vaksinasi maka semakin rendah tingkat risiko, jadi kita menyaksikan laporan di lapangan bahwa vaksinasi menurunkan risiko tertular Covid-19,” katanya.

Perlu diketahui, selain di Surabaya, TNI AL dengan kekuatan lebih dari 300 orang yang dipimpin oleh Dansatfib Koarmada II, Kol Laut (P) Imam Purwanto, sebagai Dansatgas, menggunakan KRI Makasar-590 juga melangsungkan serbuan vaksinasi di Pulau Bawean.

"Kegiatan vaksinasi di Pulau Bawean selama 3 hari, mulai 28 hingga 30 Juli 2021, dan menargetkan 10.000 orang untuk divaksin selama pelaksanaan," pungkas Iwan, Jenderal TNI yang dikenal humanis dan ramah.