PMI Kejar Vaksinasi 100 Ribu Orang Per Hari

Wakil Ketua Umum PMI, Ginandjar Kartasasmita/Net
Wakil Ketua Umum PMI, Ginandjar Kartasasmita/Net

Palang Merah Indonesia (PMI) siapkan infrastruktur dan jejaring yang kuat untuk mendukung percepatan vaksinasi Covid-19.


Wakil Ketua Umum PMI, Ginandjar Kartasasmita menjelaskan bahwa persiapan internal PMI dilakukan sambil terus berkomunikasi dengan pemerintah untuk menjelaskan kesiapan PMI dalam mempercepat vaksinasi.   

“Ini tugas yang tidak mudah, pemerintah mentargetkan 1 juta vaksin per hari, dan kita semua menyadari bahwa vaksinasi menjadi salah satu solusi utama," kata Ginandjar melansir pemberitaan Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (30/7).

Dijelaskan dia, PMI memiliki infrastruktur dan sumber daya di seluruh Indonesia yang dapat membantu pemerintah dalam mempercepat vaksinasi untuk percepatan terbentuknya herd immunity.

“Di seluruh Indonesia kita punya 34 markas provinsi, 409 markas kabupatan dan kota, 236 unit donor darah, dan ratusan ribu relawan terlatih. Kerja sama PMI dengan pemerintah daerah dan profesi dokter dan perawat juga sangat baik," bebernya.

"PMI siap memobilisasi sumber daya yang ada,” kata mantan Kepala Bapenas ini menambahkan.

Untuk target vaksinasi, kata Ginandjar, PMI dapat melakukan vaksinasi pada 100.000 orang per harinya.

“Dari assessment internal yang kami lakukan, PMI mampu menyelenggarakan vaksinasi untuk 100.000 warga per hari,” tutupnya.