799 Santri Berebut Tiket MTQ Tingkat Kabupaten Jember

Peserta Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Jember/RMOLJatim
Peserta Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Jember/RMOLJatim

Ratusan peserta dari 31 Kecamatan berkompetisi berebut tiket masuk Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat Kabupaten Jember tahun 2021.


Seleksi ini dilakukan selama 2 hari, yakni mulai hari ini,  Sabtu (31/7) hingga Minggu (1/8).

Acara seleksi MTQ tersebut dibuka oleh Wakil Bupati Jember, KH Muhammad Balya Firjauan Barlamah secara virtual, dengan jumlah peserta sebanyak 799 orang dan disaksikan oleh Bupati Jember Hendy Siswanto, di Pendopo Wahya Wibawagraha, malam ini, Sabtu (31/7)

"Seleksi digelar selama 2 hari, di 9 titik di Kabupaten Jember. Untuk hari ini (Sabtu,31/7) seleksi akan diikuti 150 peserta dengan 30 orang juri Lokal, Provinsi dan Nasional," kata Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan informatika Kabupaten Jember, Habib Salim, dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Dia menjelaskan jenis lomba dalam seleksi hari ini, yaitu Tartil Anak, Tilawah anak, Tahfidz 1 juz, Tahfidz 20 n 30 juz, Tafsir Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia, Syahril Qur an,  Karya Ilmiah Qur'an serta Tahfidz difabel Netra.  

Dia juga menegaskan, pelaksanaan MTQ ini dilaksanakan dengan protokol kesehatan (prokes) yang ketat.

"Sebelum masuk ruangan, semua peserta maupun dewan juri wajib menjalani swab," terang Habib Salim, yang juga juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Jember. 

Sementara, Bupati Jember, Hendy Siswanto berharap pelaksanaan seleksi selama 2 hari ini dapat berjalan lancar.  

"Dari hasil seleksi, mereka akan unjuk pada MTQ tanggal 7 dan 8 Agustus 2021," katanya.

Selain sebagai pembinaan akhlak dan ibadah, masih Bupati Hendy, kegiatan ini  juga untuk menjaring qori' Qoriah yang menjadi wakil Kabupaten Jember untuk mengikuti MTQ ke tingkat Provinsi dan Nasional.

"Insyallah MTQ tingkat Provinsi Jawa Timur, akan digelar di Kabupaten Pamekasan," jelasnya.

Menurutnya, kegiatan MTQ bagian dari syi'ar agama Islam. Untuk itu, Bupati Hendy berharap, dengan kegiatan ini masyarakat Jember  bisa mendapatkan barokah dan wabah Covid-19 segera diangkat Allah SWT.

 Sebagaimana janjiNya, akan memberikan rahmat-Nya kepada orang yang  membaca dan mengamalkan Alqur’an dalam kehidupan sehari-hari.

"Kami harap  kepada seluruh muslimin dan muslimat untuk terus menghidupkan rasa cinta terhadap Alqur’an," harapanya

"Sebagaimana janjinya, Allah SWTakan memberikan rahmat-Nya kepada orang yang  membaca dan mengamalkan Alqur’an dalam kehidupan sehari-hari," tandas Bupati Hendy.