Menanti Kehadiran Windu Sancahya

Jaya Suprana/ net
Jaya Suprana/ net

TIGA hari sebelum 10 Agustus 2021, sahabat saya yang mendalami primbon Jawa, Mas Sarjono berbagi sebuah tafsir primbon sebagai berikut: 

Primbon

Sekadar  ngintip Primbon orang Jawa. Satu Windu terdiri dari delapan tahun yang terbagi menjadi empat Windu yaitu: 1. Windu Adi  2. Windu Kuntoro 3. Windu Sengoro 4. Windu  Sancahya.

Windu Sengoro berakhir pada tanggal 10 Agustus atau 1 Suro atau Tahun Baru Jawa  Islam Jawa. Arti Sengoro adalah penuh musibah. Maka setelah Satu Suro atau Tahun Baru Islam yang jatuh pada tanggal 10 Agustus 2021  bangsa Indonesia memasuki masa Windu  Sancahya.

Makna Sancahya adalah “penuh sinar cahaya”. Insya Allah, setelah 10 Agustus 2021 kita masuk ke masa Windu Sanchaya sehingga bangsa Indonesia segera bebas dari pagebluk Corona.

Doa

Silakan mereka yang merasa diri modern maka tidak percaya takhayul menganggap primbon Mas Sarjono sebagai sekadar wishfull thinking bahkan omong kosong alias isapan jempol belaka.

Secara aritmatika, hitungan kronologis Windu yang diungkap mas Sarjono juga rawan diperdebatkan akurasinya. Namun mohon dimaafkan bahwa saya yang sudah terdidik oleh sekolah untuk tidak percaya takhayul terpaksa berkhianat untuk percaya.

Mohon dimaafkan bahwa saya mengharap bahwa primbon Windu Sanchaya yang dikisahkan oleh Mas Sarjono benar-benar menjadi kenyataan.

Dengan penuh kerendahan hati saya bersujud memanjatkan doa permohonan kepada Yang Maha Kuasa berkenan melimpahkan berkah agar kemelut malapetaka pagebluk Corona segera berlalu. Amin. rmol news logo article

Penulis merupakan budayawan, pendiri Museum Rekor Indonesia