Dapat 18 ribu Dosis Vaksin, Satgas Covid-19: Kabupaten Jember Kembali Layani Vaksinasi Massal.

Vaksinasi di kabupaten Jember/RMOLJatim
Vaksinasi di kabupaten Jember/RMOLJatim

Setelah sempat tersendat, Kabupaten Jember kembali mendapatkan kiriman 18.000 dosis vaksin. Masyarakat bisa dilayani di 82 tempat layanan kesehatan di Kabupaten Jember.


Menurut Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jember, dr. Wiwik Supratiwi, masyarakat yang belum terlayani vaksin,  sudah bisa mengakses kembali di tempat pelayanan kesehatan terdekat.  Langkah ini sebagai upaya mendukung terbentuknya herd Immunity (kekebalan kelompok), untuk memutus rantai penyebaran dan penularan Covid-19.

"Vaksin saat ini sudah tersedia, karena itu Puskesmas dan tempat pelayanan kesehatan, sudah bisa mengakses semuanya," kata dokter Wiwik, dikutip Kontor Berita RMOLJatim, Senin (9/8).

"18 ribu vaksin sudah kami terima kemarin (Sabtu,7/8) dari Provinsi Jatim, Vaksin  Cinovac, yang datang Juga ada Astra zeneka,"sambungnya. 

Dia menjelaskan, masyarakat  dilayani mulai hari Senin -Selasa (9-10/ Agustus 2021). Mereka bisa mendatangi tempat layanan kesehatan, yang menyediakan vaksin.

 "Bisa untuk dilakukan vaksinasi usia 18 +, lansia ataupun tenaga kesehatan. Untuk ibu hamil menunggu petunjuk lebih lanjut, karena harus memenuhi persyaratan," katanya. 

 Dia menjelaskan untuk pelayanan swab, dan vaksin pada  hari Minggu atau hari libur, disesuaikan dengan  jadwal yang telah disetujui bersama.  Karena Dinas Kesehatan harus berkoordinasi mulai dari logistik, berkoordinasi dengan vaksinatornya dan nengecek jumlah ketersediaan vaksin maupun sasaran. 

"Karena pelaksanaan vaksinasi harus menyediakan alat habis pakai, yang harus dipersiapkan secara baik. Yang dilayani harus sesuai dengan diusulkan, karena kami, kami juga manusia biasa. vaksin itu, harus memakai APD, dimana kekuatannya hanya 3-4 jam berjalan,"terangnya. 

Sesuai Jadwal Dinas Kesehatan, untuk jadwal vaksinasi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Jember, untuk hari Senin (9/8), vaksinasi dilakukan di 45 Puskesmas dan tempat layanan kesehatan lainnya di kabupaten Jember.