Kesembuhan Pasien 99 Persen, Warga yang Terpapar Covid-19 Disarankan Pakai Fasilitas Isoter

Ilustrasi / RMOL
Ilustrasi / RMOL

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi mengunjungi beberapa Sentra Vaksinasi dan Pusat Isolasi Terpadu di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.


Kunjungan kerja dilakukan di berbagai lokasi untuk menggalakkan upaya penanganan Pandemi Covid-19.

Hasil pemantauannya, kasus aktif di Kabupaten Bogor masih menyentuh 1.378 orang. Luhut meminta agar semua pihak bahu-membahu mentaati aturan. Dengan demikian, penyebaran pandemi Covid-19 di wilayah Bogor Jawa Barat dapat segera ditekan.

"Dan ini perlu penangangan yang baik,” ucap Menko Luhut, Minggu (15/8).

Penanganan itu, lanjut Luhut, dilakukan salah satunya dengan menggencarkan 3T ( testing, tracing, treatment ) serta memaksimalkan fasilitas Isolasi Terpusat (Isoter).

Luhut mengatakan, saat ini orang yang positif Covid-19 mayoritas memilih melakukan isolasi mandiri di kediaman mereka masing-masing.

Mengantisipasi meluasnya penularan, Luhut meminta agar pasien Covid-19 melakukan isolasi mandiri terpusat di sentra isolasi wilayahnya masing-masing.

"Kelemahan kita itu karena Isoman (isolasi mandiri) di rumah terlalu banyak. Kalau kena, paling bagus itu masuk Isoter. Karena di Isoter itu semua ada. Dokternya ada, makannya bagus, obatnya cukup, pemeriksaan lainnya bagus,” ujarnya.

Sejauh ini, tingkat persentase pasien Isoman di Kabupaten Bogor ialah sebesar 51 persen.

Untuk itu, Pemda Kabupaten Bogor diharap untuk lebih kooperatif dan meningkatkan kinerja, khususnya memaksimalkan fasilitas Isoter yang sudah disiapkan pemerintah agar pasien bisa lebih terpantau dan tertangani dengan baik.

Menko Luhut juga menyebutkan bahwa persentase kesembuhan pasien Isoter bisa mencapai 99.9 persen. Bahkan, di Buleleng tingkat kesembuhannya bisa mencapai 100 persen.

"Kami sudah sepakat, Bu Ade (Bupati Bogor) harus bisa menyuntik (vaksin) 100.000 per hari. Diharapkan mulai minggu depan sudah mulai bisa," pungkas Menko Luhut.

Koordinator PPKM Jawa Bali itu menyarankan agar Pemda Kabupaten Bogor memberikan perhatian khusus vaksinasi bagi ibu hamil.  

Luhut juga kembali mengingatkan pentingnya vaksinasi guna mencegah Covid-19, khususnya ditengah kemunculan varian baru yaitu varian Delta.

Luhut didampingi oleh Menkes Budi Gunawan Sadikin dan Kepala BNPB Ganip Warsito mengunjungi Sentra Vaksinasi di Stadion Pakansari serta Pusat Isolasi di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kemendagri Kecamatan Kemang.

Luhut juga menyempatkan diri melakukan panggilan video dengan pasien yang sedang Isolasi.

Sampai saat ini, Pusat Isolasi di BPSDM Kemendagri Kemang sudah merawat 1.057 pasien. Dari jumlah tersebut, sebagian besarnya sudah sembuh, dan saat ini masih tersisa 4 pasien.