Pemkab dan Polres Jember Massifkan Vaksinasi di Pesantren-pesantren

Kegiatan vaksinasi di Pondok Pesantren Raudlatul Ulum Sumberwringin, Kecamatan Sukowono, Kabupaten Jember/Ist
Kegiatan vaksinasi di Pondok Pesantren Raudlatul Ulum Sumberwringin, Kecamatan Sukowono, Kabupaten Jember/Ist

Kerjasama Pemkab Jember, Polres Jember, Kodim 0824/Jember, PCNU Dan Pesantren, cukup manjur mempercepat pelaksanaan vaksinasi. 


Kegiatan vaksinasi di Pondok Pesantren Raudlatul Ulum Sumberwringin, Kecamatan Sukowono, tidak hanya diikuti santri, tapi yang datang juga warga dari luar pesantren. 

"Pondok pesantren targetnya sudah jelas, sudah kumpul di pesantren yaitu para santri. Jumlahnya juga jelas sehingga ini membantu perpecepatan vaksinasi di Kabupaten Jember," kata Bupati Hendy Siswanto, saat meninjau pelaksanaan vaksinasi kepada para santri di Aula Raudlatus Syabab dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Selasa (7/9).

Vaksinasi ini terlaksana berkat kerjasama pihak Polres Jember yang menyediakan vaksin. Sedangkan Pemkab Jember melalui dinas Kesehatan Kabupaten Jember, menyediakan tenaga vaksinatornya.

"Di pondok ini, yang divaksin sudah 2.500 santri. Kira-kira kurang seribu vaksin lagi," katanya. 

Menurutnya, total warga Jember yang sudah vaksin sudah mencapai 23-25 persen, dan masih jauh target. Namun animo masyarakat untuk mendapatkan vaksin sudah tinggi. Permintaan vaksin terus bertambah banyak. 

"Karena PTM (Pembelajaran Tatap Muka) ya, permintaan pesantren-pesantren tambah banyak. Tentunya ini bergilir sedikit-demi sedikit," katanya saat memberikan keterangan pers di halaman Aula Raudlatus Syabab.

Dia akan terus berusaha menggenjot angka tersebut dengan menggandeng berbagai pihak. "Kami akan terus upayakan ketersediaan dosis vaksinnya," sambungnya.

Kapolres Jember AKBP Arif Rachman Arifin, mengatakan vaksinasi ini merupakan wujud transformasi Polri yang presisi mendukung percepatan penanganan Covid-19, untuk masyarakat sehat dan pemulihan ekonomi nasional menuju Indonesia maju.

Sementara vaksinasi kerjasama dengan PCNU Jember, PKB dan Dinas Kesehatan di PP Darul Hidayah Gambirono Kecamatan Bangsalsari, Muslimat NU anak Cabang Kalisat, PP Islam Bustanul Ulum Pakusari, juga diserbu warga.