Danlantamal V Gelar Vaksinasi di Jember dan Bantu Mitigasi Bencana Pesisir Selatan

Bupati Jember Hendy Siswanto menyambut Lantamal V Surabaya/Ist
Bupati Jember Hendy Siswanto menyambut Lantamal V Surabaya/Ist

Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal ) V Surabaya, Laksamana Pertama TNI Yoos Suryono Hadi M.Tr. (Han), melakukan kunjungan kerja untuk percepatan pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Jember. 


Kedatangan Lantamal V beserta rombongan disambut Bupati Jember Hendy Siswanto, Wakil Bupati Jember Gus Firjaun, unsur Forkopimda dan Kepala OPD di Pendopo Wahya Wibawagraha Jember, Rabu (8/9). 

Kedatangan Lantamal V masih dalam rangkaian HUT TNI yang ke-76, dengan menggelar program vaksinasi di beberapa pondok pesantren. Tujuannya mendorong percepatan Herd Immunity ( kekebalan kelompok) terutama di lingkungan pondok pesantren. 

"Langkah ini sebagai kepedulian Tentara Nasional Indonesia (TNI) kepada masyarakat, utamanya di Jember. Kami sangat bangga karena TNI peduli sekali dengan masyarakat, terutama di pondok pesantren yang ada di Kabupaten," kata Bupati Hendy dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Menurutnya ada sebanyak 1.300 vaksin dosis 1 diperuntukkan dan disebarkan kepada masyarakat Jember. Sementara itu vaksin yang digunakan adalah vaksin sinovac. 

Komandan Lantamal V menyampaikan bahwa kegiatan Lantamal di Jember tidak hanya vaksinasi, tapi juga untuk mengantisipasi bencana dan pengoptimalan hasil laut. Sebab Kabupaten Jember berbatasan langsung dengan laut lepas laut selatan dan memiliki potensi ekonomi yang cukup besar, dan tentunya memiliki potensi bencana yang besar pula.  

"Untuk antisipasi bencana kami sudah melakukan latihan," katanya. 

Sedangkan untuk optimalkan potensi ekonomi, mensejahterakan masyarakat pesisir selatan Jember, tentunya perlu bekerja sama dengan perindustrian. 

"Tentunya ini bisa mensejahterakan rakyat," terangnya. 

Usai dari Pendopo Wahya Wibawagraha, Danlantamal melakukan kunjungan kerja di Pondok Pesantren Alqodiri Jember, untuk meninjau pelaksanaan vaksinasi untuk santri.