Tips Memilih Laptop untuk WFH

Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net

Sudah hampir dua tahun lamanya pandemi Covid-19 membuat beberapa kegiatan sehari-hari menjadi terhambat.


Perubahan-perubahan seperti adanya kebijakan Work From Home (WFH) membuat banyak orang harus menyiapkan hal-hal yang dapat mendukung kinerja dari rumah, seperti laptop.

Agar produktivitas anda selama bekerja dapat terjaga, memilih laptop yang sesuai dengan kebutuhan sangatlah penting, contohnya dengan laptop ASUS terbaru.

 Apakah anda sering membuka aplikasi yang cukup berat seperti Adobe Premiere atau hanya sekedar membuka dokumen sederhana, semua bisa anda sesuaikan dengan jenis, tipe & harga laptop yang akan anda beli.

Beberapa perusahaan mungkin sudah memfasilitasi karyawannya dengan laptop. 

Namun, jika anda belum dapat merasakan fasilitas tersebut atau ingin mempunyai laptop pilihan anda sendiri untuk digunakan selama WFH, berikut adalah beberapa tips untuk anda dalam memilih laptop yang tepat.

1. Ukuran Laptop

Ukuran laptop tentunya akan mempengaruhi ukuran layar laptop. Hal ini harus anda jadikan pertimbangan pertama untuk laptop yang anda ingin gunakan. Jika anda butuh laptop yang dapat anda gunakan untuk menyunting file dan browsing di internet, laptop dengan ukuran 12,5-13 inci bisa anda jadikan pilihan. Akan tetapi, jika anda membutuhkan laptop untuk pekerjaan anda yang harus menyunting video atau foto, atau pekerjaan lainnya yang berkaitan dengan grafis, laptop dengan ukuran layar 14 inci bisa anda jadikan pilihan.

2. Desain Laptop

Sampai saat ini sudah banyak jenis desain laptop yang muncul di pasaran. Desain laptop saat ini semakin beragam, mulai dari yang tipis hingga layar laptop yang bisa dilepas menjadi tablet. Desain laptop yang tipis cenderung membuat laptop memiliki berat yang lebih ringan. Selain massa yang lebih ringan, laptop dengan desain tipis juga lebih mudah untuk dibawa kemanapun. Bahkan saat ini desain laptop dengan layar yang bisa dilipat atau dilepaskan  semakin laku di pasaran. Laptop dengan desain seperti ini akan mempermudah pekerjaan bagi anda yang harus bekerja dengan grafis seperti menggambar secara digital.

3. Jenis & Ukuran Penyimpanan

Dari segi harga, laptop dengan jenis penyimpanan HDD memang lebih unggul karena harganya yang murah. Sementara laptop dengan jenis penyimpanan SSD memiliki keunggulan dalam kecepatan yang jauh lebih tinggi, namun dijual dengan harga yang lebih tinggi juga.

Jika anda membutuhkan laptop dengan kapasitas penyimpanan yang besar, anda bisa membeli laptop dengan jenis penyimpanan HDD. Namun jika anda ingin mempunyai laptop dengan kecepatan tinggi, anda dapat membeli laptop dengan jenis penyimpanan SSD. Laptop dengan jenis penyimpanan SSD juga mampu menampung game dan aplikasi dengan ukuran besar. 

Jika anda tertarik untuk membeli laptop dengan jenis penyimpanan SSD, anda bisa menjadikan laptop merk ASUS sebagai pilihan. Laptop ASUS keluaran terbaru saat ini sudah dilengkapi dengan jenis penyimpanan SSD dengan storage 512GB dan 8GB RAM. Anda bisa melihat dan membeli laptop ASUS yang anda inginkan di website BliBli yang kualitas barangnya sudah terjamin original. 

4. Daya Tahan Baterai

Ketahanan baterai laptop juga harus anda jadikan salah satu pertimbangan ketika akan membeli sebuah laptop. Hal ini memang tidak dapat diukur secara pasti karena ketahanan baterai sebuah laptop bergantung pada cara pemakaian pengguna serta prosesor yang digunakan pada laptop. Akan tetapi, normalnya sebuah laptop yang ada di pasaran memiliki ketahanan baterai kurang lebih 6-8 jam dalam satu kali cas.

Agar performa baterai tetap baik, menjaga daya tahan dan kesehatan baterai sangat penting. Cara yang dapat anda lakukan untuk menjaga performa baterai adalah dengan tidak terlalu sering melakukan pengisian daya laptop & tidak sering membiarkan baterai laptop habis hingga 0%.

5. Memilih Prosesor

Prosesor pada laptop dapat menentukan performa sebuah laptop. Merk prosesor yang dapat anda temui di pasaran adalah seperti, Intel dan AMD. Kedua jenis prosesor ini memiliki performa yang baik dan terus berkembang seiring dengan perkembangan teknologi. Sangat penting bagi anda untuk mengetahui dan memilih prosesor yang sesuai untuk laptop dan kebutuhan anda sehari-hari.

6. Kualitas Layar

Resolusi layar merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan bagi sebagian orang. Terlebih lagi bagi anda yang harus bekerja dengan grafis. Pastikan anda sudah mengetahui dan memilih laptop dengan resolusi layar yang sesuai dengan kebutuhan anda.

7. Konektivitas

Seiring dengan perkembangan teknologi, desain laptop pun berubah. Semakin tipis desain laptop, maka semakin sedikit pula jumlah port nya. Port pada laptop sangat penting untuk konektivitas sebagai pengguna, terlebih lagi jika anda sering melakukan transfer data. Anda harus memilih laptop yang masih memiliki port USB 2.0 untuk dapat menyambungkan laptop anda dengan USB atau hard disk. Jika anda ingin memiliki laptop dengan jumlah port minim, anda bisa membeli dongle yang dapat disambungkan dengan port C pada laptop anda.

8. Kualitas Keyboard

Kenyamanan keyboard laptop bergantung pada jenis desain keyboard. 

Kenyamanan keyboard juga dapat menentukan produktivitas anda selama bekerja menggunakan laptop. Saat akan membeli laptop, anda harus memperhatikan jarak antar tombol hingga responsivitas keyboard saat anda menekannya. Anda juga bisa memilih laptop yang memiliki backlit pada keyboardnya. Backlit pada keyboard dapat membantu anda melihat dan mengetik lebih baik.

9. Kamera yang Jernih

Saat WFH, anda tentunya lebih sering melakukan meeting secara virtual. Guna mendukung hal tersebut, anda membutuhkan laptop yang memiliki kualitas kamera yang bagus. Laptop dengan kamera yang beresolusi 720p sudah sangat cukup untuk anda melakukan tatap muka secara virtual.

Setelah melihat tips di atas, sudah siap untuk membeli laptop baru untuk bekerja dari rumah?