Warga Mengeluh, Air PDAM Masih Sering Mampet

foto/rmoljatim
foto/rmoljatim

Warga Desa Jebung Kidul Kecamatan Tlogosari masih mengeluhkan air PDAM lebih sering macet setiap harinya bahkan sudah mengadukan langsung ke berbagai pihak.


Aduan langsung kepada pihak PDAM sendiri serta kepada DPRD Bondowoso. Meski ditindaklanjuti pihak PDAM tetapi air masih saja lebih sering mati.
"Masih belum normal, aliran air masih sangat kecil," ujar Adnan, salah satu warga saat dikonfirmasi Kantor Berita RMOLJatim, Rabu (8/9).

Menurutnya, di siang hari air PDAM dipastikan mati total alias tidak mengalir sama sekali. Saat malam hari mengangalir sekitar Pukul 20.00 WIB tetapi kecil. 

"Kita langganan kan inginnya kapan saja air lancar. Apa bedanya kami dengan daerah yang lain di lingkungan PDAM Unit Tlogosari yang 24 jam airnya ada," harapnya.

Beberapa hari lalu,kata Adnan aliran normal setelah diadukan dan menjadi sorotan khalayak ramai.

"Hanya bertahan dua hari, lepas itu macet lagi," sesalnya.

Pihkanya mengaku sering mengadukan langsung ke Kepala Unit PDAM Tlogosari melalui WA terkait kondisi air yang sering macet. Tetapi tetap saja airnya sering mati.

"Saya katakan siang tetap mati dan malam baru ngalir itu sekitar jam delapan malam tetapi kecil," jelasnya.

Pihkanya terpaksa harus menunggu dan menampung air di malam hari. "Ya kami tetap menyita waktu menandon air untuk kebutuhan esok harinya," akunya.

Pihkanya menduga PDAM menjual air ke sebuah perusahaan di Desa Lombok Wetan secara ilegal. Yakni perusahaan tembakau yang lahannya sudah sangat luas.

"Jadi pembebasan lahannya ya memang perusahaan besar," imbuhnya.

Dulu awal-awal adanya PDAM pihkanya punya informan di perusahaan, bahwa kebutuhan airnya disuplai dari PDAM unit Tlogosari. Tetapi  belakangan kata dia, sudah punya sumber bor. 

"Berarti kan memang ada saluran ke sana kemudian katanya tidak dipakai. Jangan-jangan bangun bor dengan tandon besar itu hanya untuk kamuflase saja. Tetapi kebutuhan tetap dari PDAM yang liar. Ini hanya dugaan," jelasnya.

Sementara saat dikonfirmasi, Kepala Bagian Langganan PDAM Bondowoso, Cipto Kusuma belum bisa memberikan keterangan mengenai hal itu. Pihkanya mengaku masih rapat dengan dewan pengawas internal di PDAM.

 "Saya masih rapat mas dengan dewan pengawas ini," jawabnya singkat.