AHY: Kita Ingin Pemerintah Sukses, tapi Kritik Demokrat Jangan Dianggap Merusuhi

Agus Harimurti Yudhoyono/net
Agus Harimurti Yudhoyono/net

Partai Demokrat menginginkan pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sukses dalam melayani rakyat Indonesia.


Namun, sangat disayangkan jika upaya untuk membantu pemerintah agar segera bangkit dari keterpurukan lalu dianggap musuh hanya karena mengkritik.

Begitu disampaikan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat memberikan pidato dalam acara peringatan Hari Ulang Tahun ke-20 Partai Demokrat, Kamis sore (9/9).

"Kita ingin pemerintah sukses, karena kalau pemerintah sukses maka rakyat juga akan selamat, dan negara juga bisa segera bangkit dari keterpurukan. Janganlah kemudian kita dianggap merusuhi upaya pemeirntah," tegas AHY.

Putra sulung Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini menegaskan, meskipun pihaknya berada di luar pemerintahan, namun spirit nasionalisme-religus yang menjadi ideologi partai berlambang mercy tetap terjaga.

"Kita memang berada di luar (pemerintahan), tapi kita juga Merah Putih, karena kita ingin negara kita selamat," kata AHY.

"Kalau kita memberikan masukan kritik yang konstruktif, janganlah dianggap sebagai sebuah bentuk perlawanan," imbuhnya menegaskan.

Sebab menurut AHY, baik Partai Demokrat maupun pemerintah tetap memiliki satu tujuan yakni untuk kebaikan Indonesia. Hanya saja, ketika cara untuk mencapai tujuan itu berbeda-beda maka tidak semestinya dipukul rata.  

"Kita boleh memiliki satu tujuan, tetapi tidak juga harus memiliki keseragaman dalam pemikiran. Demokrasi membuka ruang untuk perbedaan pemikiran tersebut," tuturnya.

"Dan kami ingin terus konsisten menyuarakan aspirasi rakyat, kita berkoalisi dengan akal sehat, dengan hati nurani dan juga pada akhirnya dengan suara rakyat yang sejatinya suara Tuhan," demikian AHY.