3 Gudang Tembakau PTPN X Jember Ludes Terbakar

petugas PMK saat memadamkan api yang membakar gudang PTPN X/Ist
petugas PMK saat memadamkan api yang membakar gudang PTPN X/Ist

Sebanyak 3 gudang Tembakau milik PTPN X Ajung Gayasan Jember ludes terbakar pada Jum'at (10/9).


Kanit Reskrim Polsek Mumbulsari Aiptu Taryoto mengatakan, kebakaran tersebut dimulai dari gudang sisi utara.

"Dari keterangan saksi, titik api berasal dari atas atap gudang bagian paling utara sebelah timur dilongkang ke 30. Api terus membesar menghabiskan seluruh bagian gudang," katanya dikutip Kantor Berita RMOLJatim, saat melakukan olah TKP.

Kebakaran tersebut, lanjut Taryoto, menimbulkan percikan api berterbangan kearah timur dan mengenai gudang yang beratap welid ( atap terbuat dari daun tebu). Akibatnya 2 gudang di sebelah timur tersebut, ikut terbakar. Api terus mengganas melalap habis gudang dan isinya.

"Api baru dapat diatasi dan dikendalikan dengan sempurna, setelah petugas Mobil PMK Kabupaten Jember datang memadamkan api," jelasnya.

Taryoto menambahkan, sesuai keterangan saksi, seluruh gudang sudah terisi penuh tembakau. Namun saat kejadian di dalam gudang, tidak ada aktifitas atau kegiatan apapun serta tidak ada aliran listrik dalam gudang. 

"Kami masih mengumpulkan saksi-saksi terkait serta berkoordinasi dengan Polres Jember dan labfor Polda Jatim untuk memastikan penyebab kebakaran," katanya.

Meski demikian, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut. Hanya kerugian material berupa gudang dan isinya, diperkirakan mencapai Rp 5 miliar.