Hujan Lebat Di Bondowoso Akibatkan Longsor dan Pohon Tumbang

Petugas saat membersihkan jalan yang terkena longsoran/ist
Petugas saat membersihkan jalan yang terkena longsoran/ist

Hujan lebat sejak sore hingga dini hari mengguyur hampir seluruh wilayah Bondowoso, Sabtu (11/9).


Akibatnya, tebing yang berada di kawasan Kecamatan Curahdami longsor dan menutup jalan penghubung desa Sumber Suko dan desa Gading Sari.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bondowoso, Dadan Kurniawan menerangkan, longsor terjadi hanya di satu titik, namun disertai beberapa pohon tumbang, karena lokasi longsor merupakan tebing yang berada diatas jalan raya.

"Mendapati laporan warga kami bersama anggota bergegas membersihkan, dibantu warga serta TNI dan Polisi setempat," ujarnya saat dikonfirmasi Kantor Berita RMOLJatim, Minggu (12/9).

Karena longsoran juga mengakibatkan banyak pohon tumbang memaksa pihaknya meminta bantuan Dinas Pekarjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) untuk menggunakan alat berat mereka guna membersihkan sisa longsor. 

"Kita butuh bantuan alat berat dari PUPR. Karena kalau manual dikhawatirkan butuh lama. Kasihan masyarakat karena digunakan aktivitas ekonomi," paparnya.

Mantan Sekretaris Diskoprindag tersebut mengimbau warga agar lebih waspada saat turun hujan. Karena lokasi tersebut sangat rawan terjadi pohon tumbang dan tanah longsor.

Untuk informasi, hujan deras tak hanya menyebabkan longsor dan pohon tumbang. Di lokasi perkotaan, hujan juga menyebabkan genangan air di depan pertokoan Jalan RE. Marthadinata, KH. Asyari dan beberapa ruas jalan lainnya.