Ribuan Peserta Ikuti Seleksi PPPK, Bupati Bondowoso: Peserta yang Lolos akan Dipetakan Sehingga Merata Penyebarannya

Bupati Bondowoso (masker putih) saat meninjau seleksi PPPK/RMOLJatim
Bupati Bondowoso (masker putih) saat meninjau seleksi PPPK/RMOLJatim

Sebanyak 2032 orang telah terdaftar mengikuti seleksi Pegawai Pemerintah Perjanjian Kontrak (PPPK) di Kabupaten Bondowoso.


Bupati Bondowoso, KH Salwa Arifin mengatakan, nantinya sejumlah peserta yang telah lolos dari seleksi tersebut akan dipetakan sesuai kebutuhan lembaga pendidikan di Bondowoso bahkan hingga kawasan pinggiran.

"Kalau sekarang masih belum kita petakan. Mestinya begitu, daerah pinggiran juga diperhatikan, tidak hanya di kota," ujar Bupati dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Kamis (16/9).

Bupati berharap, langkah tersebut dilakukan sebagai pemerataan penyebaran tenaga pendidik di Bondowoso.

Sementara itu, Kepala BKD Bondowoso, Asnawi Sabil mendukung rencana Bupati tersebut, bahwa untuk mencukupi kebutuhan guru di Bondowoso, maka sebarannya harus merata di semua daerah yang membutuhkan. 

" Standar kompetensi, standar kualifikasi guru ada pemerataan sehingga tidak ada lagi daerah yang tenaga gurunya terbatas, kualifikasinya minus, di kota sangat unggul di daerah-daerah tertentu minus," terangnya. 

Menurutnya, kebutuhan tenaga pendidik menyesuaikan dengan Dapodik ( Data Pokok Pendidikan ). Data tersebut akan terus diperbaharui seiring banyak guru yang memasuki masa pensiun. Adapun, kebutuhan guru sendiri merata di berbagai mata pelajaran baik di tingkat SD-SMA.

" Dinamika guru kan ada yang pensiun kapan saja. Karena bagaimanapun banyak guru yang menjelang purna bakti," tambahnya. 

Data dihimpun, tes yang dilaksanakan sejak 13-17 September 2021 tersebut digelar di tiga titik berbeda. Selain SMA Negeri 2, tes juga dilaksanakan di SMK Negeri 1 dan SMK Negeri 3 Bondowoso. Sebanyak 54 orang mengundurkan diri dan 10 orang lainnya tidak hadir karena ikut tahap II pada Oktober nanti.