Uji Kompetensi Wartawan di Malang Resmi Digelar

Ketua PWI Malang Raya, Cahyono bersama Ketua PWI Jatim, Ainur Rohim dan Kapolresta Kota Malang, AKBP Budi Hermanto saat pembukaan UKW/RMOLJatim
Ketua PWI Malang Raya, Cahyono bersama Ketua PWI Jatim, Ainur Rohim dan Kapolresta Kota Malang, AKBP Budi Hermanto saat pembukaan UKW/RMOLJatim

Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Kota Malang resmi digelar oleh Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang Raya, Sabtu (18/9) di Kampus C IKIP Budi Utomo (IBU), Jalan Citandui No.46, Kelurahan Purwantoro, Kecamatan Blimbing, Kota Malang.


Dengan digelarnya UKW tersebut, Ketua PWI Jawa Timur, Ainur Rohim mengapresiasi pengurus PWI Malang Raya.

"Luar biasa pengurus PWI Malang Raya atas digelarnya UKW ini. Karena sudah peduli untuk ikut menciptakan wartawan kompeten sebagai pilar demokrasi keempat," ujarnya Ainur Rohim di acara pembukaan UKW di Malang.

Selain itu, Ainur Rohim juga mengatakan, bahwa regulasi di media secara global, termasuk di Indonesia telah berubah. Sehingga hal itu didukung dengan berita kualitatif dan harus didukung dengan wartawan yang kompeten dalam penyajiannya.

"Sekarang regulasi di media secara global berubah. Yang mana berhadapan dengan mekanisme pasar, yaitu pembaca. Dan itu harus didukung dengan berita kualitatif dan wartawan yang kompeten dalam menyajikan pemberitaan. Maka UKW ini sangat penting," ungkap Ainur Rohim.

Sementara itu, Ketua PWI Malang Raya, Cahyono menyampaikan, dengan digelarnya kegiatan UKW ini bertujuan untuk menciptakan semakin banyak wartawan kompeten di Malang Raya. Dan kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian dan konsisten pengurus PWI Malang Raya dalam menciptakan wartawan kompeten sebagai pilar demokrasi keempat.

"Digelarnya kegiatan UKW yang sekian kalinya ini tujuannya adalah menciptakan banyak wartawan kompeten di Malang Raya. Yang mana ini bentuk kepedulian dan konsisten PWI Malang Raya ikut menciptakan wartawan kompeten sebagai pilar demokrasi keempat. Maka di UKW di angkatan 33 dan 34 ini diharapkan para peserta bisa melaksankan UKW ini dengan bersungguh-sungguh dan lulus semua. Terlebih dalam kegiatan ini tidak dipungut apapun, alias gratis," paparnya.

Di tempat yang sama, Kapolresta Malang Kota, AKBP Budi Hermanto mengatakan, bahwa wartawan merupakan kontrol sosial. Maka pihaknya mendukung penuh kegiatan UKW angkatan 33 dan 34 yang digelar pada 18 hingga 21 September 2021.

"Kami mendukung penuh kegiatan UKW ini, karena wartawan merupakan kontrol sosial dan juga termasuk partner kerja kami. Selamat atas digelarnya UKW ini, dan semoga dalam pelaksanaan pada hari ini hingga selesai lancar, aman dan sukses. Kami berada di tengah-tengah kalian. Jika diperbolehkan kita akan menggandeng PWI Malang Raya untuk proses UKW di Desember 2021," pungkasnya.