Bupati Malang Terima Kunker Komisi V DPR RI Tinjau BUMDes Sanankerto

Bupati Malang, H.M Sanusi Bersama Komisi V DPR RI/Ist
Bupati Malang, H.M Sanusi Bersama Komisi V DPR RI/Ist

Bupati Malang, H.M Sanusi menerima kunjungan kerja (Kunker) dari Komisi V DPR RI ke Kabupaten Malang dalam rangka meninjau BUMDes Sanankerto di Wisata Boonpring, Kecamatan Turen.


Dalam Kunker spesifik Komisi V DPR RI tersebut, Sanusi juga mengungkapkan bahwa Kabupaten malang memiliki potensi besar di bidang pariwisata yang sangat luar biasa. Bahkan ia menjelaskan, bahwa Desa Sanankerto terpilih sebagai 50 Desa Wisata terbaik se-Indonesia dalam event yang dihelat oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

"Letak geografis Kabupaten Malang, merupakan lokasi yang strategis. Jaraknya pun berdekatan dengan Surabaya sebagai Ibu Kota Provinsi Jawa Timur. Saat ini Desa Sanankerto terpilih sebagai 50 Desa Wisata terbaik se-Indonesia. Rencananya kami akan menuju 10 besar. Dengan mengikuti seleksi dari beberapa kategori penilaian. Untuk itu, kami akan selalu mengupayakan dukungan maksimal,” ujar Bupati Malang dalam keterangan tertulis yang diterima Kantor Berita RMOLJatim, Kamis (23/9).

Tak hanya itu, Sanusi juga menyampaikan, bahwa dalam memulihkan perekonomian masyarakat, Pemkab Malang bakal mengembangkan Desa Wisata. Sehingga program Desa Wisata menjadi terobosan untuk pengembangan ekonomi baru bagi seluruh desa di Indonesia.

"Jadi, masyarakat desa setempat bisa mengoptimalkan potensi wisatanya. Dengan begitu, perekonomian juga terangkat. Banyak manfaat dari program pengembangan desa wisata nantinya," tutur Sanusi.

Maka dari itu, lanjut Sanusi, dengan adanya Kunker dari Komisi V DPR RI, kepada para pelaku wisata dan masyarakat di Desa Wisata Sanankerto dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik mungkin untuk menyampaikan aspirasinya.

"Sehingga nantinya, program pembangunan di Desa Wisata Sanankerto dapat berjalan dengan baik dan terarah,” papar Bupati.

Di waktu yang sama, Ketua Komisi V DPR RI, H. Muhammad Arwani Thomafi mengapresiasi Pemkab Malang. Karena Desa Sanankerto memiliki pariwisata Boonpring yang dapat membantu perekonomian masyarakat.

"Hal ini sangat bagus, dan ini merupakan upaya pemerintah dalam memperkuat kemandirian dan perkembangan desa” pungkasnya.

Nampak hadir, Dirjen Pembangunan Desa dan Perdesaan, Dirjen Pengembangan ekonomi dan Investasi desa daerah tertinggal, serta Jajaran dari Kementerian Desa PDTT RI ,Wakil Ketua DPRD Kabupaten Malang, Miskat, SH. MH dan beberapa jajaran Perangkat Daerah, serta Muspika setempat.