Kasus Covid-19 Menurun, Pemerintah Diminta Tidak Terlena

Ilustrasi / net
Ilustrasi / net

Testing dan tracing harus tetap dilakukan pemerintah sekalipun kasus positif Covid-19 sudah tidak lagi melonjak. Pemerintah tidak boleh terlena dengan target yang telah terlampaui.


Begitu tegas anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani Aher kepada wartawan, Minggu (26/9).

Netty mengurai bahwa pemerintah mengklaim telah melakukan testing sebanyak 1,1 juta orang per minggu pada 20 September 2021. Jumlah itu telah melampaui standar WHO yang  sekitar 270 ribu orang per pekan dengan positivity rate di bawah 5 persen. Meski demikian, Netty meminta agar pemerintah tetap meningkatkan kewaspadaaan.

"Pemerintah tetap harus waspada  dan jangan terlena. Apalagi saat ini telah terjadi pelonggaran PPKM yang dapat memicu lonjakan kasus. Salah satunya adalah pembelajaran  tatap muka yang mulai diberlakukan di beberapa daerah,” katanya.

Secara khusus, Netty meminta agar pemerintah meningkatkan testing dan tracing di lingkungan sekolah yang menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas. Tujuannya agar tidak terjadi klaster sekolah.

"Waspadai PTM dengan melakukan testing berkala. Lakukan sebagai langkah antisipasi guna melindungi siswa dan tenaga pendidik,” tegasnya.