Sudah Penuhi Angka Kredit, Puluhan Penyuluh Pertanian Dilantik

Penyuluh pertanian yang akan dilantik/RMOLJatim
Penyuluh pertanian yang akan dilantik/RMOLJatim

Pelantikan pejabat penyuluh pertanian Kabupaten Bondowoso diselenggarakan di Kantor Pemkab Bondowoso, Jum'at (1/10).


Mereka yang dilantik adalah para peserta Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019 lalu. Setelah dinilai memenuhi persyaratan, mereka kemudian dikukuhkan menjadi pejabat fungsional penyuluh pertanian.

Dijelaskan Diana Nurbayanti, Kabid Mutasi, Promosi dan Pengembangan SDM, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Bondowoso mengatakan, pasca pelantikan tersebut mereka akan ditugaskan dibeberapa kecamatan.

"Ketika penyuluh pertanian itu difungsionalkan, maka harus dilantik terlebih dahulu dalam jabatan fungsional pertama," ujarnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Untuk kriteria yang dilantik, mereka para pejabat harus dipastikan sudah memenuhi angka kredit yang sudah ditentukan sebelumnya.

"Ketika sudah memenuhi tugas-tugas kefungsionalan, baru mereka diangkat," tambahnya.

Terkait angka kredit yang harus dipenuhi, lanjutnya, akan dinilai oleh tim penilai angka kredit (PAK) yang dibentuk oleh Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertan) Kabupaten Bondowoso. 

"Masing-masing mereka dibebani dengan angka-angka kredit sesuai dengan masing-masing orang," paparnya.

Sebelum dilantik, mereka sudah harus melakukan dinas di Dispertan dan telah melakukan tugasnya sebagai pejabat fungsional. 

"Hanya ketika mereka pertama kali melakukan tugasnya, ketentuannya harus dilantik pada jabatan pertama," tandasnya.

Kemudian, untuk para pejabat yang ingin naik jenjang ahlinya. Mereka juga dituntut menyelesaikan angka kredit yang juga dinilai oleh tim PAK Dispertan. Kemudian, hal tersebut akan diproses oleh BKD untuk menerbitkan Surat Keputusan (SK) nya.