Chris John Sebut Warga Lokal Papua Antusias Sambut PON XX

Mantan atlet tinju nasional, Chris John/Net
Mantan atlet tinju nasional, Chris John/Net

Warga Papua menyambut Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua dengan gegap gempita. Sebab, warga lokal Papua dilibatkan secara aktif dalam PON Papua kali ini.


"Saya kira mereka (saudara kita di Papua) sangat menyambut dengan antusias, karena ini event besar mereka dan mereka turut dilibatkan," kata Promotor Olahraga, Chris John saat menjadi narasumber dalam diskusi daring bertajuk "Pemuda PON Papua, dan Semangat Wirausaha" pada Sabtu siang (2/10).

Atlet tinju legendaris Indonesia itu sudah berada di Papua sejak seminggu yang lalu dan menyaksikan langsung bagaimana warga lokal Papua dilibatkan secara aktif dalam PON XX Papua.

"Hiburan-hiburan mulai dari tarian-tarian tradisional mereka dilibatkan. Dan banyak yang menyambut tamu, mengantar tamu, dan segala macam rata-rata saya lihat semuanya warga lokal," tuturnya.

Adapun terkait kondisi keamanan di Papua cenderung kondusif. Pemerintah secara aktif menerjunkan personel TNI dan Polri di sejumlah titik sebagai langkah antisipasi pengaman berlapis.

"Yang pasti selama saya jalan ke venue ke tempat-tempat pertandingan, banyak dari anggota kepolisian maupun tentara yang berjaga-jaga setiap sudut jalan TNI, Polisi. Prepare ya pasti," katanya.

"Saya yakin bahwa pemerintah akan benar-benar menjaga dan mengamankan even PON kali ini di Papua," demikian Chris John seperti dimuat Kantor Berita Politik RMOL.