Peringati HUT TNI ke-76, Pangdam V Brawijaya Ziarahi Makam Bung Karno dan Gus Dur

Pangdam V Brawijaya Mayor Jendral TNI Suharyanto saat berziarah ke makam Bung Karno, Senin (4/10)/Ist
Pangdam V Brawijaya Mayor Jendral TNI Suharyanto saat berziarah ke makam Bung Karno, Senin (4/10)/Ist

Jelang HUT TNI ke-76, Pangdam V Brawijaya Mayor Jendral TNI Suharyanto berziarah ke makam Bung Karno di Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, Senin pagi (4/10). 


"Hari ini kita melaksanakan ziarah di makam Ir Soekarno dalam rangka HUT TNI ke-76," ujar Pangdam V Brawijaya sebagaimana dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Dikatakan Suharyanto, ziarah nasional ini untuk menghormati jasa-jasa atas perjuangan Bung Karno. Namun karena masih dalam suasana pandemi Covid-19, maka ziarah dilakukan dengan protokol kesehatan (Prokes) secara ketat.

Dalam ziarah tersebut diawali dengan upacara militer. Usai mendoakan arwah Bung Karno, rombongan Suharyanto melakukan tabur bunga di atas pusara makam Bung Karno.

Selain berziarah ke makam Bung Karno, Suharyanto dan rombongan juga berziarah ke makam Presiden ke-4, KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) di Ponpes Tebuireng, Jombang. 

"Kami juga berziarah ke makam Gus Dur," katanya.

Setelah acara ziarah, agenda Pangdam V Brawijaya Mayor Jendral TNI Suharyanto dilanjurkan dengan upacara virtual dengan irup Bapak Presiden Joko Widodo langsung dari Istana Merdeka, Selasa besok (5/10). 

"Untuk Jawa Timur (upacara virtual) dilaksanakan di Makodam V/Brawijaya. Kami tentunya tetap mohon dukungan kepada masyarakat di HUT TNI ke-76 ini, TNI bisa berbuat yang terbaik, sehingga bisa menjadi kebanggaan seluruh masyarakat Indonesia," ucapnya. 

Sementara disinggung mengenai Jawa Timur menjadi provinsi pertama di Jawa-Bali yang mendapatkan penilaian assesment situasi level 1 dari Kemenkes RI dalam pemberlakuan PPKM, hal ini langsung disambut baik Suhariyanto. Oleh karena itu pihaknya akan terus menggencarkan serbuan vaksinasi agar wabah virus Corona ini segera dapat diakhiri.