Jangkau Teknologi ke Seluruh Desa, Pemkab Malang Gandeng ITN

Bupati Malang, Drs. H.M. Sanusi , M.M bersama Rektor Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang, Prof. Dr. Eng. Ir. Abraham Lomi, MSEE usai menandatangani MoU/Ist
Bupati Malang, Drs. H.M. Sanusi , M.M bersama Rektor Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang, Prof. Dr. Eng. Ir. Abraham Lomi, MSEE usai menandatangani MoU/Ist

Untuk menjangkau teknologi sipil dan elektronika ke seluruh desa, Pemerintah Kabupaten (Pemkab ) Malang menggandeng Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang.


Kerjasama itu dilakukan dengan penandatanganan kesepakatan bersama, antara Bupati Malang, Drs. H.M. Sanusi , M.M  dengan Rektor Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang, Prof. Dr. Eng. Ir. Abraham Lomi, MSEE di Peringgitan Kabupaten Malang, Rabu (6/10).

Dalam kegiatan itu, Bupati Malang, Sanusi menyampaikan, bahwa MoU antara Pemerintah Kabupaten Malang bersama ITN bukanlah yang pertama kali, namun sudah beberapa kali. Yang mana kerjasama tersebut, akan mengarah terhadap digitalisasi PLTA dan Panel Sel.

"MoU ini akan secepatnya ada tindaklanjut, yaitu dengan perjanjian kerjasama antara Dekan bersama OPD terkait. Semua sektor akan dikerjasamakan. ITN memiliki teknologi baru, yang akan diterapkan di masyarakat. Dimana,  program ini akan diterapkan tergantung survey lokasi yang akan dikembangkannya," ungkap orang nomer satu di Kabupaten Malang tersebut.

Mengacu ke Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, Lanjut Sanusi, bahwa setiap Pemerintah Daerah memiliki kewenangan untuk bekerja sama dengan pihak lain termasuk diantaranya yakni dengan perguruan tinggi. Perguruan tinggi sendiri merupakan lembaga yang sangat strategis dalam mendorong percepatan pembangunan suatu daerah.

"Atas segala kontribusi selama ini, Kami berterimakasih terhadap ITN Malang, sekaligus memberikan apresiasi tinggi atas komitmen ITN Malang dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang diwujudkan melalui penandatanganan kesepakatan bersama ini. Mudah-mudahan dapat membawa manfaat positif, dan akan semakin memperkuat komitmen kita bersama untuk terus berkiprah dan berkarya nyata dalam memajukan daerah, dan masyarakat Kabupaten Malang," ujarnya.

Masih kata Sanusi, bahwa dunia global saat ini berkembang dengan sangat hebat. Kehadiran internet dan teknologi informasi telah mengubah banyak dimensi kehidupan manusia. Pertumbuhan generasi milenial dan Generasi Z secara revolusioner mengubah cara pandang dalam bekerja. Sehingga dunia juga semakin dinamis, kehidupan semakin kompleks, kebutuhan semakin beragam, tantangannya juga akan semakin tinggi dan intens. Maka ritme kerja pun harus semakin mobile dan cepat.

"Paradigma lama tidak dapat diterapkan lagi. Dimana Pemerintah Daerah harus bekerja sendiri dengan jajaran Perangkat Daerahnya. Untuk itu Pemerintah Kabupaten Malang perlu untuk merespon dan beradaptasi dengan perubahan tersebut. Sehingga melalui kolaborasi seperti ini, kami berharap mampu menjadi kunci keberhasilan pembangunan daerah dan maksimal," tuturnya.

Dalam hal ini, Abraham Lomi, Rektor ITN Malang menyatakan siap mendukung segala program Pemkab Malang. Apalagi Pemkab Malang juga sedang berupaya untuk maju dengan konsep Smart City, dimana masyarakat didorong agar semakin proaktif dan berinisiatif untuk terlibat dalam pembangunan, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi.

"ITN Malang siap mensupport penuh agar dapat membantu Pemkab Malang dengan melakukan pendampingan kepada masyarakat, sekaligus dapat menjadi katalisator pembangunan diberbagai sektor strategis di Kabupaten Malang seperti pariwisata, pertanian, teknologi, UMKM, industri dan juga investasi," tandasnya.

Dalam kegiatan tersebut, nampak hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Malang, Wakil Rektor dan seluruh civitas akademika ITN Malang, serta para pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang.