Bupati Jember melepas Melepas 7 Kafilah Tingkat Nasional dan Provinsi Jatim

Bupati Jember Hendy Siswanto saat melepas Kafilah lomba tingkat provinsi dan nasional/Ist
Bupati Jember Hendy Siswanto saat melepas Kafilah lomba tingkat provinsi dan nasional/Ist

Bupati Jember, Hendy Siswanto dan Wakil Bupati Jember, KH Muhammad Balya Firjaun Barlaman, melepas 7 Kafilah untuk mengikuti lomba keagamaan tingkat Provinsi Jawa Timur dan tingkat nasional di dua tempat berbeda, Senin (11/10).  


Kafilah tingkat Provinsi Jawa Timur dilepas Pendopo Wahya Wibawagraha sebanyak 4 siswa yaitu Syarochbil Romadhani, siswa SMP Darus sholah, lomba lukis tingkat Provinsi, 3 orang peserta cerdas cermat Pendidikan Agama Islam, diwakili SMP 2 Negeri Jember, yaitu 1. Meysya Alya Almahera, 2. Alexandra Amira  dan 3. Andra Miftahul firdaus. 

"Kami bersama pak Wabub, Kemenag Jember, Pesantren Darus Sholah mengirim, mengirim siswa SMP Darus Sholah dan SMP Negeri 2 Jember, untuk mengikuti pentas Pais (Pendidikan Agama Islam) di Surabaya," kata Bupati Hendy Siswanto dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Dia menjelaskan, pentas Pais ini digelar yang kelima di Surabaya, Selasa besok. Mereka ini adalah para finalis 6 besar, yang mewakili Jember untuk katagori lomba kaligrafi dan cerdas cermat. 

"Kami sangat bangga anak-anak kita berlaga ditingkat provinsi Jawa Timur. Mudah-mudahan diberi kelancaran dan menjadi juara," harap Bupati Hendy. 

Menurutnya, jika juara akan menjadi penyemangat bagi seluruh siswa dan pesantren yang ada di Jember, untuk berprestasi. Selain itu, pendidikan akhlak dan moral mereka meningkat. 

"Atas nama pemerintah kabupaten Jember, kami Minta dukungan doa supaya mereka sukses dan membawa nama harum Kabupaten Jember. Selain itu, bisa membawa kebaikan dan keberkahan bagi kita semua,"ucapnya

Sedangkan untuk peserta lomba tingkat nasional dilepas Bupati Hendy di Kantor Pemkab Jember. Mereka adalah Muhammad Afif Zein Abdillah, Umniyatul Hana, dan Ulviyatul Hasanah dari kecamatan Kalisat dan Arjasa.

Menurut Kepala Bagian Kesra, Achmad Mushoddaq, ketiganya akan mengikuti Seleksi tilawah Qur'an hadits (STQH) nasional mewakili provinsi Jawa timur, di Sofifi Maluku Utara.

"Ketiganya menjadi wakil Jawa Timur untuk cabang hadist golongan hafalan 100 hadits dengan sanad dan golongan hafalan 500 hadits tanpa sanad," katanya. 

Untuk selanjutnya pembekalan terakhir dilakukan Selasa dan Rabu besok (12 - 13 Oktober 2021) di hotel Luminor. 

"Kami mohon sambung doanya, semoga diberi kelancaran dan terbaik bagi anak-anak kita," tuturnya. 

Diketahui, Kementerian Agama akan menggelar Seleksi Tilawatil Quran dan Hadits (STQH) tahun 2021. STQH XXVI tingkat Nasional akan berlangsung di Maluku Utara, 14 – 23 Oktober 2021. Ajang dua tahunan ini akan diikuti 589 peserta dari 34 provinsi.