Cak Imin Sesumbar PKB Bisa Finish di Atas Golkar

Muhaimin Iskandar/net
Muhaimin Iskandar/net

Optimisme tinggi menggelayut di tubuh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) setelah hasil survei SMRC menempatkan elektabilitas partai mereka di atas Partai Gerindra. Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar bahkan sesumbar partainya segera menggusur Golkar dari posisi kedua.


”Insyaallah kita yakin minimal posisi dua. Dulu di survei-survei itu PKB selalu jelek. Rangking 5, 4 paling tinggi. Setahun terakhir selalu bertengger kalau nggak 2 ya 3. Kalau nggak di atas Golkar ya di atas Gerindra,” katanya saat membuka Musyawarah DPC PKB se-Bali di Denpasar, Senin (11/10).

Menurutnya, untuk bisa berada di posisi dua besar pada Pemilu 2024 mendatang, sudah ada berbagai indikasi, selain hasil sejumlah survei yang menunjukkan tren positif bagi PKB.

"Kita sudah berada di parpol papan atas. Indikasi itu adalah kecenderungan yang mungkin pasti terjadi jika syarat-syaratnya terpenuhi. Apa itu syaratnya? Yakni kinerja, berfikir strategis, melangkah strategis, dan tepat sasaran. Kalau kinerja selesai, indikasi (meraih dua besar) mutlak selesai,” ucapnya.

Hal yang juga tidak kalah penting adalah dengan terus meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) partai. Karena itu, Gus Muhaimin meminta seluruh jajarannya mulai dari tingkat ranting, DPC, DPW, hingga DPP untuk terus meng-update kapasitas diri.

"PKB punya potensi SDM yang luar biasa. PKB punya SDM unggul, punya integritas dan moral tinggi. Punya kualitas tahan banting, fighting spirit tinggi. Hidup dari bawah karakternya. Kemudian  punya kultur kolektivitas tinggi. Saling menopang, tidak saling menghancurkan,” tandasnya.