BNNK Minta Warga Tuban Jadi Duta Narkotika Hingga Tingkat RT

Sosialisasi duta narkotika/Ist
Sosialisasi duta narkotika/Ist

Dalam Pencegahan penyebaran narkotika dI Kabupaten Tuban, Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Tuban AKBP I Made Arjana berharap kepada seluruh masyarakat agar ikut berpartisipasi dengan cara menjadi duta anti narkotika di tingkat kelurahan maupun RT. 


Menurut Made, saat ini BNNK Tuban  hanya memiliki 15 personil, 4 diantaranya merupakan anggota polisi. Tentunya dengan jumlah 15 orang tersebut belum ideal untuk menjaga peredaran narkoba di Tuban yang memiliki 20 wilayah kecamatan. Terlebih Tuban merupakan wilayah perlintasan jalan yang menghubungkan antar provinsi.

"Bayangkan petugas kami hanya 15 orang saja ini menjaga seluruh wilayah di Tuban maka dari itu peran bapak ibu di forum ini bisa membantu kami paling tidak jadi duta anti narkotika di tingkat RT," kata Made, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Selasa (12/10)

BNNK Tuban, masih Made, telah melakukan berbagai upaya dalam mengantisipasi penyebaran narkoba di Tuban salah satunya mengandeng beberapa perusahaan Semen Indonesia. Selain itu upaya lain yakni rutin menggelar tes urine bagi para ASN.

"Seperti yang kita lakukan hari ini dengan pihak Semen Indonesia yang melakukan sosialisasi pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan peredaran gelap narkotika (P4GN) di Kecamatan Merakurak," terangnya.

Upaya sosialisasi tersebut diharapkan dapat mencegah masuknya obat-obatan terlarang di lingkungan perusahaan melalui warga di beberapa desa di seputaran perusahaan. Sementara itu terpisah General Manager of CSR Semen Indonesia Gresik Edy Saraya mengatakan sosialisasi P4GN pada warga yang tinggal di lingkungan perusahaan ini bisa berdampak positif bagi masyarakat. Selain itu, hal ini merupakan upaya BUMN berperan dalam pencegahan penyebaran narkoba.

"Kegiatan ini tak hanya dilakukan di Tuban saja tapi beberapa wilayah lain juga kita selenggarakan. Sejauh ini kami belum menemukan adanya pegawai Semen Indonesia yang terlibat dalam penyalahgunaan narkoba, kalaupun to ada pasti kita tindak tegas," pungkasnya.