Kasal Terjun Langsung Dalam Serbuan Vaksin TNI AL Untuk Semua Golongan

KASAL saat memantau vaksinasi/ ist
KASAL saat memantau vaksinasi/ ist

Sebanyak 5.000 dosis vaksin Covid-19 diberikan untuk Wihara Budhayana Dharmawira Centre dan Gereja Kristen Indonesia (GKI) Pregolan Bunder, Selasa (12/10). Vaksin tersebut disiapkan Koarmada II dan Pemkot Surabaya.


Vaksinasi itu dilakukan sebagai upaya mengedepankan nilai-nilai Pancasila. Juga mewujudkan toleransi kerukunan antar umat beragama di Indonesia. Tidak hanya warga wihara, warga kecamatan sekitar juga mendapatkan vaksin. Warga dari Kecamatan Tegalsari dan dua kecamatan sekitarnya dipusatkan di GKI Pregolan Bunder, Jalan Tegalsari No. 36 Surabaya.

Gereja dan wihara masing-masing mendapat sebanyak 2.500 dosis vaksin jenis Sinovac. Dalam kegiatan serbuan vaksinasi maritim itu, Koarmada II menyiapkan 6 tenaga kesehatan, sedangkan Dinkes Surabaya mengirim 75 nakes, 25 personel entry data, 2 mobil ambulans dan perlengkapan pendukung lainnya.

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono,  meninjau vaksinasi didampingi Komandan Pangkoarmada II Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto,S.H., M.A.P., M.Tr.(Han) bersama Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi.

KASAL menyatakan guna mendukung program pemerintah dalam percepatan vaksinasi demi tercapainya Kekebalan Kelompok (Merd Immunity) seluruh masyarakat Indonesia, serta lekas pulihnya perekonomian nasional maka TNI Angkatan Laut dalam hal ini Koarmada II menggelar Serbuan Vaksinasi di Surabaya, yang merupakan salah satu wilayah aglomerasi yakni kesatuan wilayah dari sejumlah daerah di Jawa Timur. 

“Kali ini vaksinasi massal digelar di dua wilayah kecamatan, yakni Kecamatan Tenggilis dan delapan kecamatan sekitarnya yang pelaksanaannya dipusatkan di Vihara Budhayana Centre,” katanya, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, melalui rilisnya.

Selanjutnya di Kecamatan Tegalsari dan dua kecamatan sekitarnya yang dipusatkan di GKI Pregolan Bunder, jln. Tegalsari no. 36 Surabaya. 

Di kedua pusat lokasi tersebut Koarmada II memberikan masing-masing lokasi dukungan sebanyak 2.500 dosis vaksin jenis Sinovac tahap 2. Sehingga totalnya ada 5.000 dosis vaksin Sinovac tahap 2, yang siap digelontorkan ke sasaran yakni masyarakat Surabaya berusia 12 tahun ke atas. 

Bersinergi kuat dengan Pemkot Surabaya, dalam pelaksanaan kegiatan serbuan vaksin maritim ini Koarmada Il menyiapkan 6 tenaga kesehatan. sedangkan dari pihak Dinas Kesehatan Surabaya mendukung 75 nakes, 25 personel entry data, 2 mobil ambulance dan perlengkapan pendukung lainnya. 

Mereka akan saling bekerja sama satu sama lain untuk membantu kelancaran dan kemudahan proses vaksinasi, melalui prosedur yang dimulai dari meja registrasi, screening dan vaksinasi, serta input data peserta vaksin. 

Pangkoarmada II Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto,S.H., M.A.P., M.Tr.(Han) bersama Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, ikut bersama mendampingi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. meninjau langsung pelaksanaan Serbuan Vaksinasi di kedua tempat ibadah tersebut. Menurut Kasal, serbuan vaksinasi adalah perintah langsung dirinya kepada seluruh jajaran TNI AL dari Sabang hingga Merauke, untuk mendukung program pemerintah dalam penanganan Covid-19 sekaligus percepatan pemulihan ekonomi nasional. 

Lebih lanjut Kasal mengungkapkan bahwa TNI AL dalam membantu pemerintah menanggulangi Covid-19 selama ini, telah dan berupaya konsisten untuk terus melaksanakan Program Prioritas Penanggulangan Covid-19. 

Diantaranya melaksanakan serbuan vaksinasi kepada masyarakat maritim, menyediakan ruang tambahan perawatan baik di RSAL maupun memanfaatkan gedung yang ada, dukungan oksigen medis melalui Posko Bantuan Oksigen, serta sumbangan darah dengan melaksanakan donor darah.

Pangkoarmada II Laksda TNI Iwan Isnurwanto bersama Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, ikut bersama mendampingi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono meninjau pelaksanaan serbuan vaksinasi di kedua tempat ibadah tersebut.

”Pelaksanaan vaksin kedua ini sebagai upaya supaya kondisi Covid-19 di Surabaya segera menurun. Harapannya level Inmendagri turun menjadi level 1,” tutur Iwan.

Iwan juga berharap masyarakat dapat bergiat seperti sedia kala. TNI AL juga sudah melakukan serbuan vaksin ke sekolah dengan harapan belajar tatap muka dapat segera terlaksana dengan baik.

”Karena saat ini pencapaian vaksinasi nasional sudah mencapai 48 persen dosis pertama dan 27 persen dosis kedua,” terang Iwan.

Usai meninjau pelaksanaan vaksinasi di dua lokasi tersebut Kasal beserta rombongan berangkat menuju Ponpes Darul Ulum Jombang untuk melaksanakan kegiatan selanjutnya.