Peka Terhadap Kesetaraan Gender, Pemkot Malang Raih Penghargaan di Ajang APE Kategori Pratama

Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji saat memegang Trophy penghargaan/Ist
Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji saat memegang Trophy penghargaan/Ist

Pemerintah Kota (Pemkot) Malang meraih penghargaan Anugrah Parahita Ekapraya (APE) kategori pratama. Penghargaan tersebut diraih atas komitmen dan peran para pimpinan terhadap kepekaan persoalan kesetaraan Gender yang digelar oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA-RI). 


Mendapat penghargaan tersebut, Wali Kota Malang, Drs.H. Sutiaji merasa bersyukur Kota Malang bisa meraih prestasi tersebut. Namun ia tak ingin berpuas diri, dan akan berusaha untuk lebih menguatkan lagi prestasi yang telah didapat.

"Alhamdulillah Kota Malang mendapat penghargaan ini. Tentu ini mebanggakan, namun kita harus kuatkan lagi, karena ini masih pratama. Di tahun depan, harapannya kita harus naik ke kategori madya. Bahkan, terakhir mendapat kategori utama," ungkap Sutiaji yang khas memakai peci hitam tersebut dikutip Kantor Berita RMOLJatim di Malang. Rabu (13/10).

Orang nomor satu di Kota Malang itu, juga menyampaikan akan memperkuat keutamaan kesetaraan gender melalui regulasi sebagai payung hukum kedepannya.

"Ke depan, upaya partisipasi masyarakat kita kuatkan. Bukan hanya untuk Dinas Sosial, tapi akan masuk kepada semua OPD (Organisasi Perangkat Daerah). Karena akan ada penguatan penguatan di masing-masing OPD," tandas pria yang juga khas memakai kacamata tersebut. 

Tak hanya itu, Sutiaji juga menegaskan, demi mewujudkan kesetaraan gender di Kota Malang, ia akan melakukan penguatan kolaborasi bersama dengan seluruh elemen masyarakat.

"Untuk mewujudkan hal itu, tidak ada yang namanya gender, tidak ada yang namanya kekerasan dalam rumah tangga, atau masalah anak yang terputus sekolah dan lainnya," tuturnya. 

Di lain tempat, Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos - P3AP2KB) Kota Malang, Penny Indriani menambahkan, jika penghargaan ini cukup membanggakan. Pasalnya, Kota Malang terbilang baru mengimplementasikan program tersebut.

"Harapan kami, untuk berikutnya naik ke tingkat yang lebih tinggi. Maka dari itu, Peraturan-peraturannya diperkuat, Perdanya kami sudah ada, tinggal masuk aja," pungkasnya.[adv]