Ada Kampung Vaksin di Kabupaten Probolinggo, Kampung Manakah itu?

Launching Kampung Vaksin di halaman Kantor Kecamatan Tegalsiwalan Kabupaten Probolinggo/Ist
Launching Kampung Vaksin di halaman Kantor Kecamatan Tegalsiwalan Kabupaten Probolinggo/Ist

Salah satu desa di Kabupaten Probolinggo, memiliki Kampung Vaksin. Kampung vaksin tersebut berada di Desa Tegalmojo Kecamatan Tegalsiwalan.


Camat Tegalsiwalan, A'at Kardono mengatakan, titel Kampung Vaksin ini diberikan kepada Desa Tegalmojo, karena tercatat sebagai desa dengan perolehan vaksinasi Covid-19 tertinggi hingga mencapai 71% atau 473 orang dari total sasaran 666 orang.

“Desa Tegalmojo merupakan satu-satunya desa yang vaksinasinya sudah mencapai 71 persen, sehingga dinaikkan levelnya menjadi kampung vaksin agar desa lain supaya tergerak," jelasnya, kepada Kantor Berita RMOLJatim, Kamis (14/10).

Selain itu,  capaian 60 persen vaksin juga terjadi di Desa Sumberbulu dan Sumberkledung. Paling tidak masi kata A'at, nantinya naik level menjadi kampung vaksin.

"Akhirnya memotivasi kepada desa yang lain untuk meningkatkan capaian vaksinasinya,” sebut dia.

Menurut A’at, kampung vaksin ini setidaknya sebuah bukti nyata bahwa Satgas Covid-19 Kecamatan Tegalsiwalan mempunyai inovasi dalam meningkatkan capaian vaksinasi. Sebab di sebagian kalangan menjadi tabu dan banyaknya berita hoax, pihaknya mampu mempunyai ide dan gagasan agar capaian vaksin bisa maksimal, sehingga Kecamatan Tegalsiwalan menjadi salah satu pioner lebih awal desa itu menjadi kampung vaksin.

“Dengan kampung vaksin ini kami membuktikan telah menterjemahkan dengan baik tugas yang sudah diberikan oleh pimpinan dalam pencarian vaksinasi Covid-19," jelasnya.

"Selain itu, semua stakeholder desa, perangkat dan semua yang ada di Kecamatan Tegalsiwalan itu setidaknya dengan kampung vaksin ini menjadi trend baru dan semua interes untuk mendukung suksesya kampung vaksin dalam rangka untuk meningkatkan capaian vaksinasi di Kecamatan Tegalsiwalan,” sambungnya.

Sementara, Kepala Puskesmas Kecamatan Tegalsiwalan, Arif Eko mengatakan, vaksinasi Covid-19 di wilayah Kecamatan Tegalsiwalan hingga 12 Oktober 2021 mencapai 50% atau 16.264 orang dari total sasaran 32.366 orang. 

"Capaian itu tersebar di 12 desa dan 6 (enam) lokasi pelayanan vaksinasi Covid-19. Tertinggi berada di Desa Tegalmojo sebesar 71%,” jelasnya.

Terpisah, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo Mujoko menyambut baik atas terbentuknya kampung vaksin di Kecamatan Tegalsiwalan dengan harapan nantinya secepatnya bisa mendorong masyarakat untuk sadar melakukan vaksinasi Covid-19.

“Karena sejauh ini, petugas mencari masyarakat untuk divaksin. Namun berikutnya yang ingin kita harapkan adanya kesadaran masyarakat untuk mencari vaksin. Jadi vaksin itu menjadi sebuah kebutuhan masyarakat untuk melindungi diri mereka," terangnya.

"Kalau ini yang terjadi, tentu suatu hal yang sangat luar biasa dan kecepatan capaian vaksin segera selesai. Imbasnya luar biasa, baik perbaikan ekonomi maupun perbaikan sektor-sektor lainnya,” pungkas Mujoko.