Pemkab Jombang Gebyar Vaksin Massal di Hari Jadi Ke-111

Bupati Jombang Mundjidah Wahab meninjau vaksinasi di hari jadi jombang ke- 111 tahun di Klenteng Tri Dharma Hong San Kiong/RMOLJatim
Bupati Jombang Mundjidah Wahab meninjau vaksinasi di hari jadi jombang ke- 111 tahun di Klenteng Tri Dharma Hong San Kiong/RMOLJatim

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang terus mendorong percepatan capaian layanan vaksinasi Covid-19. Vaksinasi massal tersebut digelar di rumah Ibadah Klenteng Tri Dharma Hong San Kiong Kecamatan Gudo, Jombang.


Gebyar vaksinasi sebanyak 1500 dosis ini, juga dalam rangka Hari Jadi ke-111 Pemerintah Kabupaten Jombang yang diperingati setiap 21 Oktober. Vaksinasi yang diperuntukkan bagi usia 18 sampai lansia ini, menyediakan dosis1 dan dosis 2 dengan vaksin Sinovac.

Vaksinasi Covid-19 di tempat ibadah Klenteng Tri Dharma Hong San Kiong hari ini khusus dalam rangka peringatan hari jadi Pemkab Jombang yang ke-111 tahun 2021," kata Bupati Mundjidah Wahab, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Kamis (14/10).

Dijelaskan Bupati Jombang, bahwa capaian vaksinasi dosis 1 di Kabupaten Jombang sudah mencapai 75 persen. Untuk lansia capaian vaksinasi Covid-19 sebanyak 52 persen. Dengan total semua yang sudah tervaksin mencapai 1 juta lebih. Dengan pelaksanaan vaksinasi dibeberapa tempat setiap hari terdapat penambahan.

Jadi yang sudah vaksin, ini bukan berarti untuk penyembuhan, atau sudah tidak akan tertular. Vaksin ini untuk menambah kekebalan tubuh biar tidak mudah tertular. Maka, wajib protokol kesehatan, wajib memakai masker, jaga jarak, rajin cuci tangan untuk menjaga diri sendiri dan menjaga kesehatan orang lain," tegasnya.

Bupati Jombang juga mengimbau semua elemen bahu membahu menggelorakan vaksinasi. Masyarakat yang belum mengikuti vaksinasi segera ikuti dengan mendatangi pusat pelayanan kesehatan di wilayah masing-masing yang tersedia atau di Puskesmas terdekat.

Semoga Covid-19 segera dicabut, Jombang terbebas dari Covid-19," tandasnya.

Pihaknya juga mengungkapkan, dari 38 kota/kabupaten di Jawa Timur, yang sudah mencapai level 1 yakni sebanyak 32 kota/kabupaten. Dan yang masih belum berada di level 1 hanya beberapa daerah, Kabupaten Jombang ini termasuk kategori PPKM level 1.

"Kita terus ikhtiar menjaga kesehatan, menjaga prokes, dan berdoa sesuai kepercayaan masing-masing," tuturnya.

Selain gerakan vaksinasi di rumah ibadah, juga diselingi pada sela-sela pelaksanaan vaksinasi, Bupati Jombang Mundjidah Wahab bersama jajaran Forkopimda yang mendampingi, menyerahkan santunan secara simbolis kepada anak yatim piatu.