Permudah Lini Bisnis, Darbe Group Kembangkan Platform Digital

 (Kika) Corporate Secretary,  Mochammad Ilham dan Komisaris Utama Darbe, Nanang Sumartono Hadiwidjojo, SH/RMOLJatim
(Kika) Corporate Secretary, Mochammad Ilham dan Komisaris Utama Darbe, Nanang Sumartono Hadiwidjojo, SH/RMOLJatim

Untuk mempermudah lini bisnis, Darbe Group kini mulai mengembangkan platform digital.


"Perseroan menyadari dukungan teknologi informasi adalah penting dalam setiap tindakan korporasi Perseroan," kata Komisaris UtamaDarbe, Nanang Sumartono Hadiwidjojo, SH, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Kamis (14/10)

Untuk saat ini, aplikasi darbelink telah didownload 8000 user.

"Dari jumlah itu didominasi wilayah Jawa Timur. Target kami hingga akhir tahin 2021 10 ribu user," jelasnya.

Lebih lanjut, Nanang mengatakan, teknologi informasi dalam  trend praktik bisnis di era masa kini  tidak  lagi menjadi hanya  secondary support tool belaka sebagaimana masih banyak diyakini oleh banyak pihak.

"Namun sudah menjelma sebagai mata rantai yang tidak terpisahkan dan powerful dalam keberlangsungan sistem manajemen perusahaan, terutama bagi perusahan yang mempunyai keinginan kuat agar selaras dengan kemajuan," tuturnya.

Perseroan, sambung Nanang, mempunyai keyakinan kuat bahwa kesiapan teknologi informasi dalam measurement yang sesuai dengan skala usahanya akan mampu menopang secara efektif terhadap kinerja perusahaan. 

Di era yang tengah bertransformasi secara digital ini, Perseroan harus menjadi bagian di dalam dinamika itu, mengingat keniscayaan atas dampak perubahan yang secara konstan bergerak cepat terhadap nature business, tidak mungkin ditepis oleh perusahaan manapun. 

Metamorfosa perubahan yang sudah menjadi fakta adalah merging  antara praktik atau kebiasaan dagang konvensional dengan platform digital, yaitu yang kini kita kenal dengan istilah model e-commerce.   

Perseroan telah berketetapan agar dapat menjadi bagian dari kemajuan praktek e-commerce dan menjalankan digital transformation di internalnya, dimana keduanya berproses mengikuti skala pertumbuhan Perseroan sendiri. Dalam format ke-UKM-annya, 

"Perseroan sudah mulai mengoperasikan marketplace yang keberadaannya saat ini masih dilekatkan pada website Perseroan di alamat www.darbemeats.com," jelasnya.

Terdapat harapan besar dari pendiri Perseroan bahwa di dalam menjalankan aksi korporasinya pada saat ini,  Perseroan akan mampu menciptakan akselerasi bagi ekosistem usaha UKM yang Perseroan dan juga Darbe Group secara keseluruhan, sedang bangun, dengan end-point para stakeholder yang terlibat di dalamnya mampu bergerak secara cepat, dinamis, adaptif dan terus berkembang seirama perubahan global, dan pada akhirnya, mencapai kesetaraan dan transparansi pelaku usaha maupun support system-nya.

Untuk menopang keberlangsungan ekosistem itu, Darbe Group telah memiliki tailor-made tool berbasis Android untuk konsumsi internal, sebagai langkah insert ke dalam praktek e-commerce. 

Dengan nama aplikasi DarbeLink  yang dapat diunduh di  Google PlayStore ini, Perseroan memanifestasikan paduan dari pemahaman, itikada dan tekadnya di atas ke dalam konteks digital dan kekinian. 

"Aplikasi berbasis Android tersebut pada awalnya secara khusus dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan unit usaha Darbe Grup dan para pelaku UKM yang berada di ekosistem Darbe Grup. Otomasi dan simplifikasi proses administratif ini mendorong minimalisasi kendala operasional sehari – hari yang kerapkali timbul sebagai akibat dari working load-factor rutin dan terus bertambah," ungkap Nanang.

Dalam mengembangkan aplikasi DarbeLink tersebut, Perseroan bersama Darbe Group secara keseluruhan mempunyai tujuan yang ingin dicapai, diantaranya :

Membantu penyelesaian transaksi pelaku usaha dalam ekosistem Perseroan yang belum bankable saat penyelesaian distribusi barang.

Mendorong DarbeLink sebagai alat literasi dan edukasi bagi stakeholder dan shareholder Perseroan.

Sebagai integrated solutions transaksi keuangan internal Perseroan yang paperless, transparan, mudah dan cepat.

Diharapkan penggunaan aplikasi ini mampu menciptakan peluang Perseroan menjadi pelopor mendukung semangat pemerintah dalam program menjadikan UKM naik kelas, memiliki semangat kekinian dan mempunyai awareness bagian dari modernitas dan kemajuan

Tranformasi digital yang dijalankan Perseroan sebenarnya tidak terbatas pada optimalisasi aplikasi DarbeLink sebagaimana dipaparkan sebelumnya, namun juga dijalankan di sisi pencatatan keuangan/ sistem akuntasinya. 

Sementara itu, Perseroan tengah mengembangkan aplikasi berbasis web untuk real time  inventory online sehingga penghematan biaya dapat dimaksimalkan karena aspek akurasi dan relialbility dalam entry data sudah terpenuhi. 

Sebagai aplikasi dengan tailor-made system di dalam develepment-nya, DarbeLink memiliki fleksibilitas yang tinggi mengingat besarnya rentang kemungkinan pengembangan aplikasi DarbeLink dalam menyerap berbagai kebutuhan berbasis digital.

"Karena itu, Perseroan tidak menutup peluang kerjasama dengan pihak eksternal yang memiliki semangat yang sama di dalam mengangkat ekosistem UKM, untuk melakukan pengembangan-pengembangan yang lebih baik lagi," demikian Nanang.