Bupati Jombang: FKUB Harus Bersinergi Ciptakan Suasana Aman dan Harmonis

Bupati Mundjidah Wahab pada pengukuhan pengurus FKUB masa bhakti 2021-2026/Ist
Bupati Mundjidah Wahab pada pengukuhan pengurus FKUB masa bhakti 2021-2026/Ist

Bupati Jombang Mundjidah Wahab menyebut FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama) telah ikut andil dalam upaya mencegah terjadinya masalah SARA dan menampung aspirasi organisasi masyarakat keagamaan.


Hal ini ditegaskan Bupati Jombang usai mengukuhkan sejumlah pengurus FKUB Kabupaten Jombang masa bhakti 2021 hingga 2026 dibawah komando kepemimpinan KH Munif Kusnan, pada Kamis (14/10) kemarin, di pendopo setempat.

"Usai dikukuhkan segera melaksanakan tugas organisasi dengan sebaik-baiknya. Sehingga terwujud persamaan kehendak dan cita-cita untuk memperjuangkan kerukunan umat beragama di Kabupaten Jombang," kata Mundjidah yang merupakan salah satu putri pahlawan nasional KH Wahab Chasbulloh, Jumat (15/10) kepada Kantor Berita RMOLJatim.

Bupati perempuan pertama di Kabupaten Jombang ini juga menyampaikan selamat kepada pengurus dan anggota FKUB masa bhakti 2021 - 2026 yang telah dikukuhkan dibawah kepemimpinan Ketua FKUB, KH M Munif Kusnan.

Menurutnya, Indonesia merupakan bangsa majemuk dengan beragam agama. Karena itu kerukunan antar umat beragama harus dibina secara baik dan terus menerus, meskipun terdapat perbedaan, namun tetap saling menghargai dan menghormati dengan tetap menjaga kebhinekaan tunggal ika.

Pihaknya juga berharap FKUB dapat menjadi tempat bermusyawarah berbagai masalah keagamaan lingkup Kabupaten Jombang serta mencari solusi, serta bertugas melakukan dialog dengan pemuka agama dan masyarakat.

"Menampung dan menyalurkan aspirasi ormas keagamaan dan melakukan sosialisasi peraturan perundang-undangan dan kebijakan di bidang keagamaan yang berkaitan dengan kerukunan umat beragama dan pemberdayaan masyarakat," lanjutnya.

Dijelaskannya, bahwa tugas FKUB tidak membahas ajaran agama, namun lebih kepada cara penerapan di tengah masyarakat agar semua bisa berjalan bersama-sama tanpa adanya gesekan. Yakni menjalin sinergitas diantara pemerintah, TNI-Polri harus berjalan beriringan untuk menciptakan Jombang yang aman dan harmonis. 

"Forum ini akan menjadi penengah jika ada hal-hal negatif serta konflik di tengah masyarakat yang berkaitan dengan keagamaan," tegasnya.

Berikut nama Kepengurusan Forum Kerukunan Umat Beragama Kabupaten Jombang 2021 -2026 :

1. KH.M.Munif Kusnan, S.H., M.Si.,Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama Kabupaten Jombang

2. Drs. H.  Fathurrohman, M.Psi. Wakil Ketua

3. H. Didik Tondo Susilo, S.H., M.Si. Wakil Ketua

4. Drs. H. Abu Zahlan, M.Pd. Sekretaris

5. Amirul Arifin, S.E. Sekretaris 

6. Nur Maslahah, S.Pd.I., M.Pd.I.Bendahara 

7. Anifatul Ulyawati, S.Pd.I.Bendahara 

8. Up. Subiyanto, Yap. Bidang Pemeliharaan 

9. Pdt. Paulus Herry Soesanto. Bidang Pemeliharaan 

10. Hj. Musiam Priantini Ali.An Bidang Pemeliharaan 

11. Ilham Rohim, S.Ag., M.H.I. Bidang Pemberdayaan 

12. Drs. H. Moh. Zuhdi. Bidang Pemberdayaan 

13. Umi Kulsum, S.Q. Bidang Pemberdayaan 

14. Js. Jeny Sudjiono. Bidang Pemberdayaan 

15. H. Nurul Fuad. Bidang Pendirian Rumah Ibadat 

16. Sukirno, S.Pd. Bidang Pendirian Rumah Ibadat 

17. Tarsisius Rahmadi Budi S W. Bidang Pendirian Rumah Ibadat