Survei Membuktikan Rakyat Ingin Jokowi 2 Periode Saja

Presiden Joko Widodo/Net
Presiden Joko Widodo/Net

Publik menginginkan Presiden Joko Widodo cukup menjabat dua periode saja dan tidak lagi maju sebagai calon presiden pada Pilpres 2024.


Disampaikan Direktur Eksekutif Direktur Eksekutif Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Sirojuddin Abbas, tren keinginan agar Jokowi cukup dua periode mengalami kenaikan dari 43 persen pada Mei 2021 menjadi 62 persen pada September 2021.

"Sebanyak 48 persen responden tidak setuju Presiden Jokowi kembali maju, ini naik dari sebelumnya 43 persen. Sementara 14 persen atau naik dari 10 persen menyatakan sangat tidak setuju," kata Sirojuddin dalam webinar sekaligus rilis survei bertajuk “Sikap Publik Nasional terhadap Amandemen UUD 1945”, Jumat (15/10).

Sebaliknya, kata Sirojuddin, untuk yang menyetujui perpanjangan masa jabatan presiden mengalami penurunan. Rinciannya, sangat setuju Presiden Jokowi kembali maju 4 persen atau turun dari 6 persen dan setuju tersisa 30 persen atau turun dari 34 persen.

"Sisanya masih ada yang menjawab tidak tahu atau tidak menjawab 4 persen atau turun dari sebelumnya 7 persen," pungkasnya seperti dimuat Kantor Berita Politik RMOL.

Survei ini digelar pada medio 15 hingga 21 September 2021 melalui tatap muka atau wawancara langsung. Sampel sebanyak 1220 responden dipilih secara acak.

Adapun metode yang dipakai multistage random sampling dengan margin of error survei diperkirakan sebesar 3,19 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.