3 Tahun Kepemimpinan Mundjidah - Sumrambah Berjalan Aman dan Kondusif, Ini Capaiannya

Bupati Mundjidah dan Sumrambah dalam syukuran capain tiga tahun/ist
Bupati Mundjidah dan Sumrambah dalam syukuran capain tiga tahun/ist

Memasuki tiga tahun masa Kepemimpinan pasangan Bupati Jombang Mundjidah Wahab dan Wakil Bupati Sumrambah berbagai kebijakan dan program pembangunan baik SDM maupun fisik telah dicapai dengan aman dan kondusif.


Meski didalam meraih kesuksesan itu dilalui dengan sedikit berat, namun bisa dilaluinya berkat doa juga pengalamannya dalam manajerial pemerintahan. Terlebih lagi, dalam dua tahun terakhir ini Indonesia khususnya Kabupaten Jombang juga mengalami badai pandemi covid-19.

Bupati Mundjidah yang merupakan putri pahlawan nasional KH Wahab Chasbulloh ini mengajak seluruh elemen untuk memaknai tiga tahun kepemimpinan dengan cara tabah, sabar dan berharap pertolongan dari Allah SWT guna kebaikan kepemimpinannya bagi masyarakat Jombang.

"Alhamdulillah semua bisa dilalui, meski terdampak oleh covid-19. Namun, pada akhirnya badai akan berlalu. Kalau kita bersyukur, maka Allah akan memberi kita kekuatan untuk kehidupan yang lebih baik," kata Mundjidah Wahab, Sabtu (16/10) kepada RMOLJatim.

Dalam mensyukuri tiga tahun kepemimpinannya, Mundjidah mengungkapkan makna dari tabah, sabar, dan berharap pertolongan dari Allah SWT. Soal sabar, bupati perempuan Jombang pertama ini memaknainya dengan tetap berikhtiar dalam menangani covid-19 di Kota Santri.

Kesabaran dikerjakan dengan cara terjun ke lapangan untuk melakukan penegakan protokol kesehatan. Bagi yang merasakan sakit, kita dirikan isoter dan kita juga terus berjuang. Alhamdulilah, capaian vaksinasi di Kabupaten Jombang mencapai hampir 70 persen," bebernya.

Adapun capaian-capaian pemerintahan, menurutnya, dengan ikhlas dan tabah dalam bekerja akan mendapatkan hasil yang optimal atas pertolongannya. Hasilnya, Pemkab Jombang telah membangun jalan kabupaten sepanjang 159,86 km, pembangun 3 jembatan antarkecamatan, dan pembangunan rumah tidak layak huni (RTLH) menjadi layak huni sebanyak 9.255 unit, serta rehabilitasi kawasan kumuh mencapai 48 hektare.

Selain itu, lanjut Mundjidah, di tengah pandemi covid-19, Pemkab Jombang juga telah berhasil merevitalisasi sungai sepanjang 14,55 km. Dan salah satu capaian terbesar dalam pemerintahan yang dibangun dengan mengedapankan solusi yakni melakukan revitalisasi sentra slag alumunium yang kerap menghasilkan pencemaran limbah B3.

"Industri yang sudah sejak tahun 1970 belum diberi perhatian dan menyebabkan pencemaran lingkungan. Kini mulai menjadi industri ramah lingkungan," imbuhnya.

Bupati Munjidah juga menjelaskan makna memohon pertolongan Allah, artinya harus optimis bahwa akan selalu dapat maju, tumbuh dan berkembang. Pada titik ini perlu bersama-sama menjalankan nasihat leluhur untuk tepo sliro, among roso, dan bersama bergerak.

Yaitu berupaya dan memohon pertolongan Allah SWT untuk kehidupan masyarakat Jombang yang lebih baik," tambahnya.

Sementara, Ketua DPRD Jombang Mas'ud Zuremi mengatakan selama tiga tahun pemerintahan yang dijalankan Bupati Mundjidah dan Wakil Bupati Sumrambah ini, Kabupaten Jombang dalam kondisi aman, kondusif dan damai.

"Selamat atas capaian-capaian tiga tahun roda pemerintahan jombang," ucap Masud, politisi PKB (Partai Kebangkitan Bangsa) dari dapil 2 (Jogoroto, Diwek, Sumobito).

Dijelaskan Masud, DPRD sebagai bagian Pemerintahan Kabupaten Jombang dan wakil masyarakat berharap program Pemerintah senantiasa bermuara demi kepentingan kesejahteraan masyarakat. Koordinasi dan jalinan silaturahminya dengan para tokoh agama dan masyarakat seluruh elemen masyarakat sangat baik dan penuh kebersamaan.

Situasi kondisi berjalan seiring sekata setujuan," tegasnya.

Ketua DPRD Jombang ini juga berharap program-program yang tertuang dalam RPJMD bisa terealisasi dan terlaksana dengan baik. Semua program yang ada bisa terselesaikan sampai 2023 tanpa ada kendala dan dapat dipertanggungjawabkan.

Diketahui, pasangan Hj Mundjidah Wahab dan Sumrambah secara resmi dilantik sebagai bupati dan wakil bupati Jombang periode 2018-2023 pada hari Senin tanggal 24 September 2018 digedung Grahadi, Surabaya. 

Mundjidah Wahab dan Sumrambah merupakan pasangan Bupati dan Wakil Bupati terpilih yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jombang pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018.