Blitar Jadi Satu-satunya Kota di Indonesia Masuk Level 1

Menko Kemaritiman dan Investasi RI, Luhut Binsar Pandjaitan/Net
Menko Kemaritiman dan Investasi RI, Luhut Binsar Pandjaitan/Net

Kota Blitar akan dijadikan uji coba menuju new normal oleh pemerintah seiring tren kasus Covid-19 yang berangsur membaik. Apalagi, kini Kota Blitar mampu menjadi kota terbersih Covid-19.


Begitu disampaikan Koordinator Pulau Jawa dan Bali, Luhut Binsar Panjaitan dalam jumpa media secara virtual terkait perkembangan terkini pandemi Covid-19 bersama Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto dan Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, Senin (18/10).

“Pada 4 Oktober lalu, Kota Blitar menjadi kota pertama masuk ke level 1. Kota Blitar kemudian kami jadikan sebagai uji coba menuju new normal di mana sebagian besar aktivitas masyarakat dapat dilakukan mendekati kehidupan normal,” ucap Luhut.

Luhut menjelaskan, Kota Blitar mampu memasifkan tracing dan vaksinasi secara baik. Bahkan setelah masuk level 1, situasi Covid-19 di Kota Blitar tetap rendah dan terkendali.

"Terkendalinya kasus didorong oleh tingkat tracing, vaksinasi, dan penggunaan PeduliLindungi yang terus meningkat meski sudah masuk level 1,” katanya.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi ini menyampaikan apresiasinya terhadap Walikota Blitar dan seluruh jajaran yang bertugas telah menjaga dengan baik warganya dari ancaman pandemi Covid-19

“Contoh baik di Kota Blitar perlu menjadi contoh bagi penanganan pandemi Covid-19 di kabupaten kota lainnya dan menjadi pembelajaran bagi penanganan pandemi Covid-19 di kabupaten kota lainnya,” tandasnya.