Dipenuhi Bangunan Bersejarah, Kelurahan Pakelan Berpotensi Jadi Obyek Wisata

Kelurahan Pakelan Kota Kediri Masuk Dalam Cagar Budaya/ist
Kelurahan Pakelan Kota Kediri Masuk Dalam Cagar Budaya/ist

Kota Kediri memiliki banyak sekali bangunan bersejarah yang patut untuk dilestarikan, salah satunya berada di wilayah Kelurahan Pakelan yang menjadi eks kawasan Pecinan di masa lampau. Hal itu yang mendorong Kelurahan Pakelan untuk membangun dan menata lingkungannya menjadi sebuah wisata berciri khas memanfaatkan nilai sejarah dengan tujuan untuk lebih memberdayaakan masyarakat.


Program pemberdayaan masyarakat atau Prodamas, merupakan kesempatan bagi masyarakat untuk memaksimalkan potensi yang ada pada daerahnya masing-masing. Kepala Kelurahan Pakelan Subadi Waluyo mengatakan, jika terdapat banyak sekali bangunan bersejarah yang ada di Kelurahan Pakelan ini. Bahkan gedung Kantor Kelurahan Pakelan telah terdaftar sebagai salah satu cagar budaya yang ada di Kota Kediri. 

“Sebenarnya selain gedung kantor kelurahan ini, bangunan milik pribadi warga juga banyak yang menjadi bangunan cagar budaya, bahkan ada beberapa bangunan yang berada tidak dipinggir jalan sudah tertutupi bangunan baru,” Kata Subadi Kepada Kantor Berita RMOL Senin (18/10). 

Beberapa bentuk bangunan khas Tionghoa di Kelurahan Pakelan beberapa sudah mengalami pemugaran dan proses renovasi. Sehingga keaslian arsitektur bangunan sudah banyak yang dirubah. Maka dari itu, langkah yang diambil oleh Kelurahan Pakelan untuk memanfaatkan Prodamas adalah dengan mengoptimalkan pembangunan. Sehingga dalam pembangunan kedepannya dapat selaras dengan lingkungan tanpa harus merubah bentuk bangunan yang ada.

“Jadi kami ingin pembangunan ini memiliki keselarasan dengan bangunan-bangunan tua yang ada disini. Karena kami ingin mempertahankan arsitektur lama dari bangunan bersejarah supaya menjadi daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung di Kota Kediri”, imbuh Subadi.