Terjunkan Ratusan Personel di Pengundian Nomor Urut Pilkades Serentak, Ini Harapan Polres Jember

calon kepala desa menujukkan nomor urut hasil pengundian/RMOLJatim
calon kepala desa menujukkan nomor urut hasil pengundian/RMOLJatim

Polres Jember menerjunkan ratusan personel untuk mengamankan kegiatan tahapan pemilihan kepala desa (Pilkades) di Kabupaten Jember yang digelar serentak di 59 Desa. Hari ini adalah tahapan pengundian nomor urut.


"Sebanyak 212 personel berasal dari personil Polsek jajaran Polres Jember serta satuan fungsi di Polres Jember. selain itu pengamanan juga dibantu oleh dari unsur TNI dan satpol PP," kata Kabagops Polres Jember, Kompol Agus Suparyono, dikutip Kantor Berita RMOLJatim usai menggelar apel di Mapolres Jember, Senin (18/10).

Menurutnya pengamanan ini sesuai dengan SK Bupati Nomor 188.45/4 26/1. 12/221 tentang tahapan pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak Kabupaten Jember tahun 202. Pilkades serentak di 59 desa  tersebar di 25 kecamatan di kabupaten Jember. 

Mereka bertugas untuk memastikan pelaksanaan tahapan Pilkades, sesuai protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19, yakni  terutama memakai masker dan menjaga tidak terjadi kerumunan.  Sebab, saat ini Kabupaten Jember masih dalam PPKM level 3.

"Selain untuk memutus rantai memutus mata rantai penyebaran Covid-19, juga mengantisipasi Gesekan antar pendukung calon kades," ujarnya, yang juga berpesan agar panitia Pilkades dan masyarakat untuk tetap mematuhi prokes.

Sementara Kasi Pemdes Dispemasdes Pemkab Jember, Nunung Agus Andrianto, hingga Senin sore, belum berhasil dikonfirmasi. Namun secara umum, pelaksanaan Pengundian nomor urut calon kades berjalan lancar, seperti di wilayah Kecamatan Rambipuji, Kecamatan Ajung dan Kecamatan Mayang. 

"Di daerah kami ada 6 Desa dari 7 Desa, menggelar Pilkades serentak, Alhamdulillah, berjalan lancar," tandas Camat Mayang, Ajip, yang juga Merangkap PLH Camat Mumbulsari.