Usai Dikepung Ribuan Massa, Pemkab Probolinggo Sepakati Pilkades Digelar 17 Februari 2022

Asisten Pemkab Probolinggo saat memberikan surat pernyataan kepada Apdesi/RMOLJatim
Asisten Pemkab Probolinggo saat memberikan surat pernyataan kepada Apdesi/RMOLJatim

Pemkab Probolinggo menyepakati Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) tahap II di Kabupaten Probolinggo digelar pada 17 Februari 2022.


Hal tersebut disepakati oleh Pemkab Probolinggo setelah ribuan massa dari 24 kecamatan mengepung Kantor Bupati Probolinggo dijalan raya Panglima Sudirman Kota Kraksaan.

Kesepakatan itu tertulis dalam surat Pernyataan yang di tandatangani langsung oleh Asisten 1 dan Kepala PMD Kabupaten Probolinggo di ruang Jabung 3 Kantor Bupati Probolinggo dan disaksikan perwakilan Apdesi.

"Kita sepakati bersama, kalau Pilkades Kabupaten Probolinggo ini di lakukan pada 17 Februari 2022," jelas Asisten 1 Kabupaten Probolinggo, Heri Sulistyanto, seperti dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Menurutnya, dalam kesepakatan tersebut, tahapan Pilkades juga akan dilakukan pada 28 Oktober 2021. "Untuk tahapan-tahapannya, dilakukan pada 28 Oktober ini," tegasnya.

Sementara itu, Ketua Apdesi Kabupaten Probolinggo, Hasanuddin mengatakan, pelaksanaan Pilkades yang sudah ditetapkan bulan Februari 2022 ini sebenernya sudah lama.

"Akan tetapi tahapan Pilkades ini yang terhambat. Kalau sudah jelas seperti ini, kita tidak akan datang dengan ribuan massa seperti ini," paparnya.

Sebenarnya masih kata Hasan, kalau sebelum melakukan aski ini, Apdesi sudah mengirimkan surat mempertanyakan hal itu ke Pemkab Probolinggo.

"Seandainya kalau ada jawaban dari Pemkab Probolinggo ini, kita tidak turun seperti ini," pungkasnya.