Hasil Survei SMRC, Tingkat Kepuasan Publik ke Jokowi Stabil di Periode Kedua

Presiden Joko Widodo/Net
Presiden Joko Widodo/Net

Kinerja Presiden Joko Widodo dalam kurun waktu dua tahun menjabat di periode keduanya mendapat respon positif dari publik.


Setidaknya, tingkat kepuasan kepada Jokowi tergambar di dalam survei opini publik terbaru yang dilakukan Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) pada pada pertengahan September lalu.

Di dalam hasil survei SMRC yang kali ini bertajuk "Evaluasi Publik Nasional Dua Tahun Kinerja Presiden Jokowi" mencatat tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Jokowi lebih tinggi dibanding yang tidak puas.

"Mayoritas warga, 68,5 persen, sangat dan atau cukup puas dengan kerja Presiden Jokowi," ujar Direktur Eksekutif SMRC, Sirojudin Abbas saat memaparkan hasil surveinya secara virtual, Selasa (19/10).

Sementara itu, SMRC juga mencatat persepsi publik sebanyak 29,5 persen yang merasa tidak puas dengan kinerja pemerintahan Jokowi.

"Dan yang tidak tahu dan atau tidak menjawab dua persen," imbuhnya.

Sirojudin menuturkan, tingkat kepuasan yang tercatat kali ini memperlihatkan kecendrungan yang stabil sejak Jokowi mulai memerintah di tahun 2020 hingga tahun 2021 ini.

"Angka (kepuasan) ini menjadi 68,8 persen pada survei Oktober 2020 dan sekarang 68,5 persen. Relatif stabil dibanding 2019," demikian Sirojudin Abbas.

Survei SMRC yang digelar pada medio 15-21 September 2021 ini menggunakan metode multistage random sampling dengan 1.220 responden.

Sementara, Margin of Error (MoE) survei ini kurang lebih sebesar 3,19 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.