Survei Online Pilpres Filipina, Bongbong Unggul Tipis Dari Leni

foto/net
foto/net

Kandidat paling populer bersaing dalam perebutan kursi presiden Filipina. Jajak pendapat online baru-baru ini menunjukkan bahwa Ferdinand 'Bongbong' Marcos, mendapatkan dukungan penuh dan kemungkinan akan mengamankan kemenangan dalam pemilihan 2022 mendatang.


Survei yang dilakukan oleh Manila Bulletin menunjukkan persaingan yang ketat. Sebelum survei ditutup, Leni Robredo, yang saat ini menjabat sebagai wakil presiden, nampak 'sedikit lebih disukai' dengan perolehan suara di depan.

Survei Manila Bulletin, yang dilakukan melalui Facebook juga menunjukkan Marcos mengungguli Walikota Metro Manila Isko Moreno. Survei ini,  mengumpulkan 800.000 reaksi dari netizen di mana responden harus mengklik emoji yang ditetapkan untuk kandidat favorit mereka.

Menurut data pada Selasa pagi (19/10), Marcos menangkap 655.000 emoji 'hati', diikuti oleh Robredo dengan 216.000 dengan emoji 'peduli' dan Moreno di tempat ketiga dengan 33.000 'suka'.

Survey Manila Bulletin juga dilakukan di Twitter dengan jumlah responden yang jauh lebih kecil dari jumlah responden Facebook. Di Twitter, Robredo unggul sedikit dari Marcos.

Rencananya, survei online ini akan dilakukan setiap bulan hingga menjelang pemilihan. Tentunya publik akan dibuat penasaran sambil menunggu pemilihan yang akan dilakukan pada Mei 2022 mendatang.

Ferdinand Bongbong Romualdez Marcos Jr., atau yang lebih dikenal sebagai Bongbong Marcos, adalah seorang politikus Filipina dan senator dalam Kongres Filipina ke-16. Ia merupakan anak kedua dan putra satu-satunya dari mantan Presiden Ferdinand E. Marcos dan mantan Ibu Negara Imelda Romualdez-Marcos.