Hari Santri Nasional, Bupati Gresik Ajak Santri Siaga Jiwa Raga

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik, menjadikan momentum Hari Santri Nasional (HSN) sebagai sarana untuk mengajak masyarakat untuk cinta tanah air dan menjaga persatuan bangsa.


Menurut Bupati Gresik Fandi Ahmad Yani, pada HSN 2021 ini mengusung tema "Santri Siaga Jiwa Raga" yang merupakan suatu bentuk pernyataan sikap yang tegas, bahwa santri Indonesia agar selalu siap siaga menyerahkan jiwa dan raganya untuk membela tanah air serta mempertahankan persatuan Indonesia. 

"Siaga jiwa, berarti santri tidak lengah menjaga kesucian hati dan akhlak, berpegang teguh pada akidah nilai dan ajaran Islam rahmatan lil alamin serta tradisi luhur bangsa Indonesia," ucapnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim saat memberikan sambutan pada upacara peringatan HSN, Jumat (22/10). 

Bupati menambahkan bahwa jiwa santri hari ini memiliki peran untuk tidak akan memberikan celah masuknya ancaman ideologi yang akan mengancam persatuan dan kesatuan negara republik Indonesia. 

"Siaga raga berarti badan tubuh dan tenaga buah karya santri di dedikasikan untuk Indonesia. Oleh karena itu santri tidak pernah lelah dan terus berkarya untuk Indonesia," sambungnya. 

"Tak hanya itu saja, pada momen HSN ini para santri mendapat kado spesial dengan ditekennya Perpres no 82 tahun 2021 tentang pendanaan penyelenggaraan pesantren, peraturan Presiden ini secara khusus mengatur mengenai dana abadi pesantren yang dialokasikan untuk mengembangkan kualitas sumber daya manusia pendidikan pesantren," tandasnya.