Presiden Jokowi Jangan Lama-lama Putuskan Calon Panglima TNI, Segera Usulkan Jenderal Andika Perkasa 

Direktur Gerakan Perubahan, Muslim Arbi/Net
Direktur Gerakan Perubahan, Muslim Arbi/Net

Presiden Joko Widodo diminta segera menunjuk KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai calon Panglima TNI pengganti Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.


Hal ini disampaikan Direktur Gerakan Perubahan, Muslim Arbi sebagaimana dilansir dari Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (22/10).

Menurut Muslim, semakin lama Jokowi mengusulkan dan memutuskan calon Panglima TNI, publik akan menganggap Jokowi sedang ada masalah dengan Panglima TNI.

"Mestinya Jokowi segera saja putuskan dan usulkan calon Panglima TNI. Melihat dari sistem matra yang sudah berlaku sejak era reformasi, mestinya Jenderal Andika Perkasa dari AD yang diusulkan," ujarnya dilansir dari Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (22/10).

Selain itu, kata Muslim, banyak pihak yang menggadang-gadang KSAL Laksamana TNI Yudo Margono untuk jadi Panglima TNI. Padahal banyak anggapan KSAL telah mengalami kegagalan dalam beberapa peristiwa.

Misalnya seperti kasus tenggelamnya Kapal Selam Nanggala 402 yang menelan puluhan korban jiwa.

"Dan KASAL juga terlihat tidak bersikap tegas kawal kedaulatan perairan di Laut Natuna, di mana banyak kapal China yang memasuki wilayah perairan dan kedaulatan laut sebagaimana dilaporkan Bakamla,” katanya.