Bupati Madiun Resemikan PISEW

Pengguntingan pita peresmian jalan Beton program PISEW di desa Mendak kabupaten Madiun Jawa timur/RMOLJatim
Pengguntingan pita peresmian jalan Beton program PISEW di desa Mendak kabupaten Madiun Jawa timur/RMOLJatim

Bupati Madiun, H Ahmad Dawami, meresmikan Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) Jembatan Desa Segulung serta jalan beton Desa Mendak, Selasa (23/11).


Setelah peresmian, rombongan Bupati melanjutkan menuju pendopo Jodipati Watu Rumpuk Desa Mendak. Untuk penandatanganan prasasti infrastruktur PISEW 25 Desa di duabelas kecamatan.

Bupati yang akrab disapa Kaji Mbing ini mengatakan, program PISEW merupakan upaya meningkatkan infrastruktur yang mendorong pertumbuhan ekonomi kawasan permukiman di wilayah desa atau kecamatan.

Anggaran PISEW, lanjut, Bupati berasal dari dana APBN dengan sistem padat karya.

"Semoga barokah dan bermanfaat, dengan pembangunan infrastruktur di 25 desa kabupaten Madiun, tentunya dapat memudahkan akses untuk masayarakat desa dan sekitarnya," ujar Bupati kepada Kantor Berita RMOLJatim.

Bupati juga mengapresiasi pihak terkait yang telah mendukung dan bekerja keras sehingga program PISEW terealisasi. Selain itu dirinya berharap masyarakat ikut serta juga peduli untuk menjaga fasilitas yang telah dibangun pemerintah tersebut.

Terpisah, Kepala Dinas perumahan dan Permukiman Kabupaten Madiun, Arnowo Widjaja menjelaskan, Program PISEW di tahun 2021 mendapat alokasi anggaran sebesar 7,2 milyar. Pendistribusian ke kecamatan-kecamatan sebesar Rp.600 juta. Masing-masing kecamatan terdapat dua desa yang merupakan kawasan terpadu.

"Jadi begini, untuk kabupaten Madiun ini program PISEW yang kesekian kalinya. Untuk tahun 2021 ini kita mendapatkan alokasi anggaran sebesar Rp 7,2 milyar Pendistribusian ke masing-masing kecamatan sebesar Rp. 600 juta rupiah. Setiap kecamatan didistribusikan kembali ke dua desa yang merupakan kawasan terpadu," terangnya.

Arnowo melanjutkan, proram PISEW ini untuk menghilangkan kesenjangan antar wilayah desa. Selain itu dampak program pembagunan infrastruktur, juga dapat membantu peningkatan ekonomi masyarakat serta sumber daya manusia.

"Dampak program PISEW ini sangat besar, dapat menghilangkan kesenjangan antara wilayah desa. Meningkatkan perekonomian masyarakat dan masih banyak lagi," ucapnya.

Peresmian dan tandatangan prasasti di pendopo Jodipati Watu Rumpuk Desa Mendak kabupaten Madiun Jawa timur diakhiri dengan foto bersama dengan para undangan yang hadir. Diantaranya kepala Dinas Perkim, kepala Dinas Perhubungan, kepala Dinas Parkiran serta tiga pilar dan Forpincam.