Kenalkan Kewaspadaan Bencana Tim PPM FIA Unitomo Gelar Sosialisasi Penanggulangan dan  Sekolah Tangguh Bencana pada Siswa SDN Buncitan

Sosialisasi Penanggulangan dan Sekolah Tangguh Bencana pada Siswa SDN Buncitan/Ist
Sosialisasi Penanggulangan dan Sekolah Tangguh Bencana pada Siswa SDN Buncitan/Ist

Tim Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) berkolaborasi dengan Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Unitomo Desa Buncitan Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo.


"Materi yang disampaikan dengan model pembelajaran interaktif yang melibatkan keaktifan siswa seperti dalam kegiatan simulasi menghadapi bencana gempa bumi," Ketua Tim PPM Dosen FIA Unitomo,  Eny Haryati, melalui keterangan tertulis yang diterima Kantor Berita RMOLJatim, Minggu (12/12).

Siswa SD disini, lanjut Eby,  sangat tanggap dan antusias dalam memahami materi sosialisasi kami karena di padukan dengan metode edutainment seperti menyanyi dan game simulasi serta kuis berhadiah. 

"Juga kami suguhkan video tentang kebencanaan pada siswa agar mereka mudah memahami materi sosialisasi” papar doktor Ilmu administrasi negara ini.

Ada suasana haru sejenak di kegiatan ini ketika salah satu peserta didik yang bernama Indra melakukan testimoni atas bencana yang pernah menimpa keluarganya, yaitu terjadinya kebakaran rumah yang meluluhlantakkan rumah dan harta bendanya disebabkan karena ledakan kompor gas. 

Bersyukur, tidak ada korban jiwa. Dengan terbata-bata ia mengakiri testimoninyadengan pernyataan yang mengharukan.

”Terimakasih Unitomo, terimakasih atas sosialisasi ini, karena kita semua memang harus tangguh dalam menghadapi bencana”, kata Indra siswa SDN Buncitan Sedati ini.

Sementara itu,  Moh. Sobirin Kepala SDN Buncitan menyampaikan apresiasinya pada TIM PPM FIA Unitomo yang berinisiasi menyampaiakan sosialisasi sedini mungkin kepada siswa SD. 

“Matur nuwun kami sampaikan dan harapan materi sosialisasi pengetahuan kebencanaan ini bermanfaat bagai para siswa SDN Buncitan ini terutama dalam rangka meningkatkan pengetahuan kewaspadaan bencana bagi siswa dan lingkungannya yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu”, ujar Sobirin

Sosialisai yang digelar Sabtu (11/12), merupakan implementasi Dharma ke-3 dari Tridharma Perguruan Tinggi ini diikuti 42 siswa SDN Buncitan Sedati, 10 orang mahasiswa peserta KKN, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN, Sapto Pramono, serta 5 orang dosen, ketua dan tim pelaksana PPM, meliputi : Eny Haryati,  Damajanti Sri Lestari, Sri Kamariyah, Sri Roekminiati,dan Liling Listyawati yang merupakan tim dosen FIA Unitomo.