Survei INES: Airlangga Hartarto Calon Presiden Paling Potensial dari Kalangan Ketum Parpol

Airlangga Hartatrto/net
Airlangga Hartatrto/net

Nama Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto merupakan calon presiden potensial dari kalangan ketua umum parpol. Airlangga mengalahkan 8 nama ketua umum partai politik lain yang partainya lolos Senayan.


Hal itu sebagaimana terekam dalam hasil survei Indonesia Network Election Survei (INES) bertema "Siapa Tokoh Pilihan Masyarakat Untuk Suksessor (Penerus) Jokowi, Apa Kriterianya” yang dirilis hari ini, Minggu (12/12).

Direktur Eksekutive INES Tri Permadi menjelaskan bahwa survei bahwa survei dengan simulasi ketum parpol sebagai calon presiden ini dilakukan lantaran sebanyak 74,6 persen responden menilai ketua umum parpol lebih punya kesempatan dan pontensi untuk diusung sebagai capres.

“Hanya sebanyak 20,3 persen menyatakan kader parpol dan tokoh non parpol, sedangkan sebanyak 5,1 persen tidak menjawab,” tegasnya.

Saat responden ditanya tentang nama-nama ketum parpol yang akan dipilih, mayoritas memilih Airlangga Hartarto.

“Airlangga Hartarto dipilih sebanyak 30,8 persen, Prabowo Subianto 27,9 persen, dan Megawati Soekarnoputri 9,2 persen,” sambung Tri Permadi.

Sementara nama lainnya tidak lebih dari 7 persen. Seperti Muhaimin Iskandar 6,9 persen, Agus Harimurti Yudhoyono 6,7 persen, Zulkifli Hasan 2,1 persen, Surya Paloh 1,7 persen, Suharso Monoarfa 1,1 persen, dan yang tidak memilih 13,6 persen

Sementara saat disimulasikan antara 4 ketum parpol dengan nama-nama di luar ketum parpol, Airlangga tetap perkasa.

Airlangga mendapat 14,8 persen, disusul kemudian Prabowo Subianto 13,7 persen dan Ganjar Pranowo 13,1 persen.